Cara Mudah Mendapatkan Untung Dari Program Bisnis Afiliasi

Kerjasama bisnis atau yang dikenal dengan bisnis afiliasi adalah satu cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk mendapatkan keuntungan. Karena bisnis ini bisa dikategorikan dalam bisnis tanpa modal karena kita tidak memerlukan modal untuk membeli barang untuk dijual kembali.

Cara yang paling mudah mendapatkan keuntungan dari bisnis ini adalah dengan melakukan penjualan produk yang dimana kita akan mendapatkan bagi hasil dari produk yang berhasil kita jual. Atau bisa disebut sebagai FEE. Namun, pada kenyataannya untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis afiliasi tidak semudah cerita orang-orang. Banyak yang kecewa setelah sekian lama melakukan penjualan, hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan.

Dalam menjalankan bisnis afiliasi, memang dibutuhkan cara yang sesuai dan tepat sasaran agar produk yang kita tawarkan diterima dipasaran. Beberapa orang menganggap, bahwa dengan membeli sendiri produk tersebut adalah cara paling mudah untuk mendapatkan keuntungan dari afiliasi. Namun, apakah benar demikian? Bisa saja benar, namun apakah kita sanggup melakukannya secara terus menerus. Tentunya tidak.

Pengertian dan Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi memang merupakan bisnis yang paling digemari oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena bisnis afiliasi merupakan salah satu bisnis yang bisa dikatakan bisnis tanpa modal. Seperti yang kita ketahui bahwa, bisnis tanpa modal menjadi topik yang tidak kunjung habisnya dalam pencarian google. Topik bisnis tanpa modal ini menghasilkan pencarian hingga 70 juta. Sudah tentu, semua ingin memiliki bisnis modal kecil dengan untung besar, bahkan dengan tanpa modal sedikitpun.

Afiliasi memang menjadi pilihan yang paling sesuai untuk kriteria tersebut. Tanpa memiliki barang, kita bisa tetap berjualan. Namun, afiliasi bukanlah reseller. Seorang afiliator atau yang mempromosikan produk, hanya bertugas menempelkan iklan dari sebuah perusahaan pada salah satu media promosinya. Bisa meliputi banner iklan yang dipasang di kantor, dan yang paling sering saat ini adalah menempelkan iklan secara online menggunakan website. Pemilik website tidak memerlukan kampanye khusus untuk menjual barang-barang yang ditertera di websitenya. Iklan akan berputar dan berjalan secara otomatis. Orang-orang yang meng-klik iklan tersebut akan diarahkan langsung menuju website yang memasang iklan. Ketika seseorang membeli produk dari iklan yang tertempel di website tersebut, maka si pemilik website atau afiliator akan mendapatkan fee.

Baca Juga:   Daftar Bank Untuk Investasi Emas Secara Syari'ah

Bisnis Tanpa Modal Lewat Bisnis Afiliasi

Berapa keuntungan yang didapat dari program kerjasama bisnis afiliasi ini? Semua tergantung pada perusahaan yang mengajak kerjasama. Namun, biasanya pengukuran fee yang diberikan sesuai dengan tingkat kesulitan penjualan barang, harga barang, dan lain sebagainya yang dikur dalam bentuk persentase.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki beberapa kategori produk seperti Tas wanita dan Tas Pria. Tas pria merupakan produk yang paling susah terjual karena jumlah peminatnya yang rendah. Sehingga perusahaan memberikan fee yang lebih besar kepada afiliator jika berhasil menjual tas pria tersebut.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Promosi Video Di YouTube

Perhitunggan keuntungan yang didapat biasanya dihitung dari Harga Modal Barang – Harga Jual Barang = Margin x 10%. Walau tidak ada transparansi berapa harga modal barang tersebut, biasanya Fee yang didapat akan sangat tinggi. Oleh sebab itu, bisnis afiliasi merupakan sebuah bisnis tanpa modal yang perlu menjadi perhatian sebagai bisnis masa kini.

Jenis Perusahaan Yang Menyediakan Program Afiliasi

Tidak semua perusahaan menyediakan program afiliasi secara bebas kepada orang banyak. Karena beberapa diantaranya mewajibkan afiliator menyerahkan proposal bisnisnya terlebih dahulu dan memerlukan mekanisme yang cukup rumit. Namun, beberapa diantara perusahan berikut, dapat dengan mudah dijadikan partner kerja afiliasi seperti :

1. Perusahaan OnLine Shop

Sudah pasti kamu mengetahui bahwa saat ini perusahaan E-Commerce sudah berkembang sangat pesat. Semua perusahaan berlomba-lomba ingin menjual produknya. Tidak hanya melalui aplikasi yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri, namun juga dengan memberikan peluang bagi para pemilik website untuk berjualan secara mudah.

Beberapa perusahaan E-Commerce atau perusahaan jualan online yang menyediakan program afiliasi adalah sebagai berikut :

  1. BliBli,
  2. Lazada,
  3. PegiPegi,
  4. Tokopedia,
  5. Trivago, dan masih banyak lagi.
Baca Juga:   5 Ide Usaha Rumahan Yang Menjanjikan dan Tanpa Modal Besar

2. Perusahaan Dengan Produk Sejenis

Berbeda halnya dengan perusahaan yang disebutkan diatas, perusahaan yang berikut ini merupakan perusahaan yang memang menjual produk khusus saja. Program afiliasi model ini merupakan program kerjasama yang paling banyak terdapat di dunia bisnis online. Istilah kerennya adalah referall, yang dimana kita wajib menjadi anggota pada perusahaan online tersebut dan menggunakan tautan afiliasi yang diberikan pada website kita. Beberapa perusahaan yang menyediakan program afiliasi melalui sistem refferal adalah sebagai berikut :

  1. Vip.Bitcoin (Indodax)
  2. Exabytes
  3. Rumah Web
  4. Accesstrade, dan lain sebagainya

Cara Mendapatkan Keutungan Besar Dari Afiliasi

Lupakan dahulu untuk menjadi kaya ketika kamu ingin mengeluti bisnis afiliasi ini. Karena pada dasarnya, diperlukan beberapa cara untuk mendapatkan keuntungan besar dari bisnis afiliasi. Karena menjadi bisnis tanpa modal besar, kebanyakan orang menganggap bahwa program afiliasi hanya merupakan bisnis sampingan yang tidak dijadikan prioritas. Sehingga menjadikan penghasilan tidak optimal. Perhatikan secara seksama cara mendapatkan keuntungan dari program bisnis afiliasi berikut ini.

1. Memiliki Sebuah Website Yang Khusus

Sebelum bisa memulai bisnis afiliasi, kita diwajibkan untuk mendaftar menjadi agen pada perusahaan tersebut. Saat ini, untuk menjadi afiliator sudah sangat mudah. Hanya dengan berbekal sebuah Website atau Blog, kita sudah bisa mendapatkan hak untuk menjual barang dengan harapan akan fee dari penjualan.

Namun, tidak semua website dapat didaftarkan menjadi website partner dalam afiliasi. Seperti website yang berbau SARA dan beberapa perusahaan juga ada yang menolak Website yang berbau politik. Semua disesuaikan dengan produk yang diperdagangkan pada perusahaan E-Commerce masing-masing.

Untuk mendapatkan hak afiliasi, sebaiknya kamu mendaftarkan ke perusahaan yang sesuai dengan kategori website. Misalnya, kamu memiliki sebuah website yang membahas masalah teknologi, maka sebaiknya kamu mendaftarkan program afiliasi yang menjual produk-produk yang ada kaitannya dengan teknologi.

2. Membuat Konten Yang Menarik dan Berkualitas SEO

Membuat konten yang menarik tentang ulasan sebuah produk akan mengundang orang untuk membeli sebuah produk. Misalnya saja, Perusahaan BliBli menawarkan pembagian hasil 20% keuntungan jika kita berhasil menjual Smartphone Tahan Air yang harganya lumayan mahal. Kamu harus membuat konten tentang produk tersebut semenarik mungkin agar orang yang membaca tertarik untuk membeli.

Baca Juga:   4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendesain Packaging Makanan

Selain itu, kamu harus membuat sebuah konten yang menggunakan teknik SEO. Teknik SEO pada website akan membantu artikel kamu mudah ditemukan oleh orang yang kebetulan mencari produk Samsung tersebut. Dengan ini, kemungkinan orang yang mengklik tautan yang sudah ditanamkan pada artikel tersebut akan semakin besar dan kamu memiliki peluang untuk mendapatkan Fee dari program afiliasi tersebut.

3. Rutin Melakukan Update Produk

Untuk sukses dalam bisnis afiliasi, kita memang harus sering rutin untuk mengkampanyekan produk yang menurut kita akan laris dipasaran. Untuk itu, dengan membuat ulasan secara terus menerus terkait berbagai produk, akan memperbesar peluang afiliasi kamu semakin besar. Kita juga wajib memantau produk yang memiliki PROMO spesial yang dimana akan menjadi nilai tambah untuk memperbesar peluang orang untuk melakukan pembelian.

4. Share Artikel Di Media Sosial

Langkah terakhir untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis afiliasi ini adalah dengan rutin melakukan share di media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkId dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu artikel kamu di baca oleh orang banyak. Buat judul artikel yang menarik agar mengundang orang untuk membacanya. Namun gunakan bahasa yang baik dan benar. Rata-rata orang akan membaca artikel tidak lebih dari 3 menit, oleh karena itu maksimalkan penggunakan kalimat.

Kesimpulan

Dalam program kerjasama afiliasi, memang diperlukan perjuangan yang cukup panjang. Namun, semuanya tidak akan sia-sia jika kita mau melakukannya dengan benar dan bertahap. Masih banyak cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis afiliasi ini, seperti menyewa space iklan diwebsite orang lain atau bahkan dengan membeli akun Fanpage yang sudah memiliki follower yang banyak. Silahkan berikan komentar kamu jika ada yang perlu ditanyakan terkait sistem afiliasi ini.

CARAINTEL | Cara Intelektual Generasi Milineal  

Related Posts

About The Author

No Responses

Add Comment