4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kerja Remote

Kerja remote atau remote working merupakan sistem kerja yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari jarak jauh. Karyawan dibebaskan untuk bekerja dari mana saja di luar kantor. Mereka dapat bekerja di rumah, di cafe, atau tempat lain dimanapun karyawan mau.

Sistem kerja ini sudah semakin populer saat ini. Apalagi sejak adanya pandemi Covid 19, banyak perusahan yang mengeluarkan kebijakan untuk Work From Home (WFH). Jika Anda juga tertarik dengan sistem kerja ini, tentu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar remote working dapat berjalan dengan lancar. Kira-kira apa saja ya? Berikut informasinya untuk Anda.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Kerja Remote

1. Laptop dan koneksi internet

Karena Anda bekerja di luar kantor, maka Anda membutuhkan laptop dan koneksi internet untuk mengerjakan tugas serta agar bisa tetap terhubung dengan tim yang lain. Internet dan laptop juga dibutuhkan agar Anda bisa mengakses data-data atau dokumen yang diperlukan untuk mengerjakan tugas yang sudah diberikan.

remote working butuh laptop dan internet
Gambar: Doc. Freepik/@wayhomestudio

Pada umumnya, perusahaan yang sudah menerapkan sistem kerja remote akan menggunakan teknologi berbasis cloud untuk menyimpan data mereka. Tanpa koneksi internet, tentu Anda tidak bisa mengakses informasi tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan cukup kuat. Hal ini perlu dipersiapkan karena internet akan membantu Anda dalam mengerjakan tugas-tugas. Pada momen tertentu, Anda juga harus melakukan meeting secara virtual yang membutuhkan koneksi internet yang kuat.

2. Aplikasi kerja remote

Perusahaan yang menerapkan sistem kerja ini akan mempersiapkan aplikasi kerja remote untuk Anda. Aplikasi ini akan sangat berguna agar produktivitas Anda bisa tetap terjaga.

Aplikasi kerja remote
Gambar: Doc. dokodemo-kerja.com

Beberapa aplikasi yang perlu Anda instal di perangkat Anda adalah aplikasi untuk chatting, meeting, monitoring, project management tool dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut akan membantu Anda untuk tetap terhubung dengan tim HR perusahaan dan rekan-rekan Anda yang lain. Sudah banyak perusahaan yang mengandalkan aplikasi tersebut untuk mengelola karyawannya yang bekerja secara remote.

3. Kebijakan kerja

Ketika Anda memilih sistem kerja ini, Anda harus menanyakan bagaimana kebijakan perusahaan yang berikan untuk karyawannya yang bekerja secara remote. Beberapa kebijakan tersebut seperti ekspektasi availability karyawan ketika bekerja. Apakah Anda harus selalu online dari jam 9 pagi sampai jam 5, atau justru perusahaan memberi kebebasan dengan jam kerja Anda.

Kebijakan sistem kerja
Gambar: Doc. Freepik/@rawpixel.com

Selain itu, Anda juga dapat menanyakan kewajiban apa yang harus dipenuhi oleh karyawan remote. Apakah karyawan masih harus datang ke kantor untuk memberi update? atau bagaimana kebijakan ketika mengakses informasi rahasia kantor? Hal -hal tersebut perlu Anda pastikan terlebih dahulu agar perusahaan dan karyawan dapat menjalankan sistem kerja ini dengan tenang.

4. Komitmen dan tanggung-jawab

Remote working memang sistem kerja yang fleksibel. Anda diberi keleluasaan untuk bekerja di luar area kantor. Meskipun demikian, Anda harus tetap bertanggung jawab dengan tugas-tugas yang sudah diberikan oleh perusahaan.

Komitmen dan tanggung-jawab ketika remote working
Gambar: Doc. Freepik/@drobotdean

Anda harus bisa memenuhi jam kerja yang sudah ditentukan, serta mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline yang ditetapkan. Sebelum memutuskan untuk remote working, Anda harus memiliki komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi agar kerja remote berjalan dengan baik serta produktivitas yang tetap terjaga.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk bekerja secara remote. Apakah Anda sudah siap dengan tren sistem kerja yang fleksibel ini?

Related Posts

About The Author

Add Comment