5 Cara Mendaftar Kuliah di Luar Negeri Hingga Berhasil

Tidak sedikit pelajar yang masih awam merasa bingung ketika ingin mendaftar saat mau kuliah di luar negeri. Bahkan dari bingungnya terkadang sampai frustasi dan mengurungkan niatnya untuk belajar di luar negeri.

Padahal kini belajar di luar negeri itu terbilang mudah apalagi sudah ada universitas ternama seperti Bca Study. Banyak program studi yang bisa dipilih dan kampusnya sudah ada di beberapa negara.  

Meskipun demikian maka pelajar perlu adanya bimbingan ketika akan mendaftar di kampus tersebut. Hal ini bisa diawali dengan ketika mendaftar hingga pelajar ini menjalani studi di kampus yang dituju.

Cara Mudah Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Ada beberapa cara yang perlu diterapkan ketika ingin mendaftar di luar negeri dan berikut penjelasannya:

Tentukan Jurusan Hingga Negara Tujuan

Pada proses awal, kamu perlu menentukan jurusan, kampus hingga negara tujuannya terlebih dahulu. Dalam hal ini kamu harus benar-benar tahu seluk-beluk dari kampus yang ditujua ini.

Dalam pemilihan ini disarankan untuk memilih lebih dari satu jurusan atau program studi. Ini dilakukan karena ada kampus tertentu dimana calon pelajar perlu memilih lebih dari satu program studi yang ada.

Pelajari Syarat Masuk dan Batas Waktu

Saat jurusan sudah ditentukan tinggal pelajari saja syarat-syarat untuk masuk di kampus itu. Lalu kamu persiapkan saja setiap syarat yang ditentukan mulai dari dokumen, foto atau yang lainnya.

Setelah itu perhatikan juga batas waktu pengiriman seluruh dokumen yang diminta. Banyak pelajar yang kurang fokus di bagian ini sehingga ketika pengiriman dokumennya terlambat dan akhirnya tidak diterima.

Baca Juga:   Tempat yang Asik untuk Belajar Bersama Ruangguru

Ikuti Tes TOEFL atau IELTS

Untuk melanjutkan studi di luar negeri maka setiap pelajar harus memiliki sertifikat dengan skor TOEFL yang sudah ditentukan. Ini menjadi syarat mutlak bagi setiap pelajar sehingga sebisa mungkin skornya melebihi yang ditentukan.

Bagi yang belum mencapai target maka bisa dengan belajar lewat kursus di bidang tersebut. Kamu tinggal mencari kursus dengan durasi singkat namun skor TOEFL bisa memenuhi standar minimal.

Tulis Motivation Letter

Setiap mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke luar negeri perlu menulis motivation letter. Dalam tulisan tersebut mengungkapkan tentang alasan memilih jurusan, universitas hingga memutuskan memilih negaranya. Tulisan itu harus diketik dengan menggunakan bahasa Inggris.

Dalam penulisannya ini kamu perlu menyampaikan dengan bahasa yang menarik dan berkesan. Pastikan tulisan tersebut karya original dan menggunakan grammar serta tidak typo.

Buatlah Surat Rekomendasi

Demi membuka peluang yang lebih besar untuk diterima maka kamu bisa membuat surat rekomendasi. Kamu harus bisa mempengaruhi pihak-pihak tertentu di sekolah sebelumnya agar bisa memberikan surat rekomendasi ini.

Dalam surat tersebut berisi keunggulan dan prestasi kamu selama bersekolah. Semakin besar pengaruh yang bertanda tangan maka peluang untuk diterima di universitas tertentu akan semakin besar. Untuk itu jika ingin melanjutkan S2 maka kamu bisa meminta surat rekomendasi ke Rektor atau Pembantu Rektor.

Selain semua syarat di atas pastikan semua dokumen juga sudah diterjemahkan ke bahasa asing. Dengan proses ini tinggal kamu upload saja semua data ke situs resmi di universitas tersebut.

Ketika kamu lolos di tahap selanjutnya maka tinggal melakukan wawancara dengan pihak universitas. Jika kamu berhasil masuk maka tinggal membuat visa pelajar demi memudahkan melanjutkan studi di universitas tujuannya. Pastikan juga kamu punya passport valid hingga 6 bulan.

Baca Juga:   Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Related Posts

About The Author

Add Comment