var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-78 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Promosi Video Di YouTube

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Promosi Video – Dalam dunia bisnis, tentu saja meningkatkan penjualan merupakan cara untuk mendapatkan keuntungan. Cara meningkatkan penjualan pun sangat beragam, dari memberikan tester, diskon harga, dan juga melalui video yang saat ini menjadi salah satu media promosi paling efektif. Salah satunya dengan menggunakan promosi video di YouTube.

Meningkatkan penjualan lewat promosi video di YouTube menjadi pilihan tepat para pembisnis yang memiliki modal minim. Karena seperti yang kita ketahui sendiri, bahwa YouTube dapat digunakan secara Gratis dan memiliki pengguna yang sangat banyak. Banyak para pembisnis juga mengakui bahwa meningkatkan penjualan lewat promosi video adalah salah satu langkah yang paling efektif. Penonton akan lebih mudah memahami pesan melalui media audio visual.

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Promosi Video di YouTube

cara meningkatkan penjualan lewat promosi video di youtube

Untuk menggunakan YouTube sebagai media promosi dalam meningkatkan penjualan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini akan sangat berdampak terhadap hasil yang akan diperoleh. Berikut cara meningkatkan penjualan lewat promosi video di YouTube.

1. Memanfaatkan Thumbnail (Gambar) Pada Video

Dalam melakukan promosi melalui video di YouTube, tentunya kita harus telah membuat sebuah konten asli dan menarik. Namun, saat kita meng-upload video tersebut, tentu saja video tersebut tidak langsung akan mendapatkan posisi video trending. Anda juga wajib menggunakan teknik SEO dengan memikirkan keyword  yang berpotensi akan membuat video kita bertambah viewersnya.

SEO atau Search Engine Optimize adalah teknik untuk menjadikan konten kita mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Karena pada dasarnya, ketika seseorang menuliskan kata kunci, video yang berada pada platform YouTube juga akan muncul. Namun, bagi kamu yang belum begitu mengenal teknik ini, kamu juga bisa menggunakan gambar untuk membuat promosi video di YouTube menjadi efektif.

Salah satu cara meningkatkan penjualan melalui promosi video  yaitu dengan memanfaatkan Custom Thumbnail. Custom thumbnail merupakan gambar preview tentang apa yang ditampilkan di dalam video. Thumbnail menyajikan view yang mewakili isi video setelah di klik. Thumbnail digunakan untuk screenshoot jendela aplikasi aktif pada aplikasi atau katalog yang biasa toko online lakukan memamerkan daftar produk.

Anda bisa menemukan gambar menarik di internet untuk mendapatkan Thumbnail template yang cocok atau bisa juga memanfaatkan fitur Youtube Studio. Anda pun bisa membuatnya sendiri apabila menguasai Adobe Photoshop untuk membuat karya Thumbnail anda sendiri.

Sisipilah deskripsi video dengan kata-kata persuasif. Kemudian cantumkan alamat website bisnis anda, baik di deskripsi maupun di video (di awal, pertengahan, maupun di akhir). Gunakan tema warna yang dominan dan konsisten sebagai identitas channel youtube anda. Orang pun akan dengan mudah ingat warna tersebut tentang bisnis yang anda usung dalam youtube. Hindarilah kata-kata yang bersifat klik bait yang akan menurunkan kepercayaan viewers pada konten video anda.

2. Sajikan Video Promosi Yang Konsisten

Cara meningkatkan penjualan lewat promosi video di YouTube selanjutnya adalah dengan tetap memberikan informasi yang konsisten. Konsistensi promosi video di YouTube anda akan membuat identitas bisnis anda teringat jelas dalam benak orang banyak. Jangan terlalu sering mengubah tema, lama durasi video, dan model penyajian. Pastikan anda membangun brand yang nyaman dipandang saat orang memerhatikan promosi video penjualan anda. Buatlah video yang formal khusus hanya untuk mendongkrak penjualan. Selain itu meningkatkan penjualan lewat promosi video harus disajikan dengan rentetan konten yang rapi.

Disarankan untuk tidak membuat video diluar model gambar besar bisnis anda. Misalnya saja pertama kali anda menyajikan video yang berdurasi 7 menit dan melakukan model video yang standar. Namun selanjutnya video anda  mungkin tetap berdurasi 7 menit dan mengusung tema yang sama, hanya saja model video nya vlog. Hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan viewers terhadap produk anda.

Pastikan anda memasang jadwal khusus untuk upload video terbaru. Entah sekali atau dua kali dalam seminggu. Sebutkan hari apa aja dalam seminggu tersebut, sehingga anda punya target promosi yang terjadwal. Konsisten dalam mengupload ni akan membuat viewer penasaran dengan bisnis yang sedang anda tawarkan.

Sebab viewers akan mengenali pola waktu saat anda upload video terbaru. Jangan menentukan hari yang random atau bahkan membiarkan minggu-minggu berlalu pasif tanpa adanya kegiatan upload. Jangan harap penjualan anda meningkat jika konsistensi upload tidak dilakukan sebagai cara meningkatkan penjualan.

3. Manfaatkan Fitur CTA (Callls To Action)

Fitur ini adalah video yang muncul dan siap klik setalah video yang telah kita tonton berakhir. Jadi kita mengarahkan viewers ke pilihan video lain setelah video yang sedang mereka tonton baru saja selesai. Hal ini membuat viewers anda semakin bertambah.

Cara meningkatkan penjualan lewat promosi video memang sangat tergantung pada merek atau brand yang kAnada bangun. Dalam dunia pemasaran fitur ini begitu berdampak terutama untuk meningkatkan traffik pengunjung channel. Mereka akan dibuat semakin familiar dengan brand yang ditampilkan dalam video tersebut. Rentetan video calls to action semakin melengkapi element sistem pemasaran product. Apalagi deskripsi yang menarik biasanya tidak mudah dilewatkan oleh viewers. Viewers pun sangat tertarik pada rapi-nya pengelolaan channel milik anda.

Kesimpulan

Cara meningkatkan penjualan memang menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh kalangan pembisnis. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan cara meningkatkan penjualan yang paling tepat. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat menggunakan media promosi video di YouTube sebagai alat bantu meningkatkan penjualan dalam bisnis yang Anda jalankan.

Related Posts

About The Author

Add Comment