var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-593 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendesain Packaging Makanan

Mendesain packaging makanan adalah salah satu keputusan terpenting dalam memasarkan produk makanan Anda.

Desain memiliki kekuatan untuk menarik perhatian, yang meningkatkan penjualan. Di sisi lain, kemasan produk yang buruk dapat menyebabkan konsumen mengabaikan produk Anda atau bahkan mengembangkan kesan negatif.

Membuat desain packaging makanan yang solid melalui penyampaian menarik bagi audiens target Anda sangat penting untuk penjualan yang sukses. Gunakan beberapa tips yang perlu diperhatikan ini untuk membuat produk Anda punya packaging yang menonjol dan pada akhirnya laku di pasaran.

Miliki Rencana Yang Jelas

Miliki Rencana Yang Jelas

Memiliki rencana sebelum Anda terjun ke desain paket membuat prosesnya sedikit lebih mudah. Beberapa faktor masuk ke dalam perencanaan dan desain, sehingga meluangkan waktu untuk mengerjakan ide-ide itu adalah langkah pertama yang penting. Desain grafis yang bagus untuk paket membutuhkan waktu dan perhatian terhadap detail.

Tujuan Anda untuk pengemasan adalah salah satu pertimbangan penting. Apa jenis reaksi yang Anda inginkan dari pelanggan? Apa yang Anda ingin mereka ketahui tentang produk Anda hanya dengan melihat wadahnya?

Apakah Anda ingin menekankan ramah lingkungan barang Anda? Apakah Anda mencoba membangkitkan perasaan nostalgia? Apakah Anda ingin produk Anda terlihat segar dan baru? Desain paket memengaruhi tayangan tersebut.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam fase perencanaan awal adalah target audiens Anda. Mengetahui siapa yang Anda pasarkan dan apa yang disukai orang-orang itu penting untuk menciptakan kemasan yang menarik perhatian mereka.

Produk yang dirancang untuk anak-anak tidak akan terlihat sama dengan kemasan yang menargetkan wanita paruh baya.

Buat semenarik mungkin

Desain Packaging Makanan Semenarik Mungkin

Desain paket sederhana memungkinkan pelanggan potensial Anda tahu persis apa yang Anda jual hanya dengan melihatnya sekilas.

Karena sebagian besar pelanggan bergerak cepat di lorong, Anda biasanya hanya punya waktu beberapa detik untuk menarik perhatian mereka dan meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda. Bahkan, dibutuhkan kurang dari 20 detik bagi konsumen untuk memutuskan apakah suatu produk menarik atau tidak. Siapa pun yang melihat paket Anda harus dapat mengetahui apa produk itu, apa yang dilakukannya dan apa mereknya.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga desain Anda tetap sederhana namun informatif:

  • Buat nama dan deskripsi produk jelas dan ringkas, sehingga pelanggan dapat dengan mudah melihat apa itu.
  • Jaga agar bagian depan paket tidak berantakan.
  • Sertakan manfaat produk sebagai cara untuk menjual barang.
  • Tambahkan gambar yang jelas dan menarik.
  • Usahakan teks apa pun jelas dan ringkas.
  • Desain kemasan yang mencerminkan jenis produk untuk menghindari kebingungan. Produk pembersih dalam kemasan yang menyerupai wadah minuman membingungkan dan berpotensi berbahaya, misalnya.
  • Buat tampilan kohesif yang mudah dipindai.
  • Hindari terlalu banyak elemen yang berani dan menonjol, karena mereka bersaing satu sama lain dan membuat paket luar biasa.

Perhatikan kompetitor

Cek Desain Packaging Kompetitor

Tidak peduli produk apa yang Anda buat, kemungkinan besar Anda memiliki persaingan dari perusahaan lain.

Melihat kemasan yang mereka gunakan bisa menjadi batu loncatan untuk desain Anda sendiri. Apa yang tidak ingin Anda lakukan adalah menyalin apa yang dilakukan orang lain. Meniru pesaing membuat merek Anda cenderung tidak menonjol.

Alih-alih, lakukan analisis kemasan terhadap pesaing untuk melihat bagaimana Anda dapat melakukannya secara berbeda. Apa praktik umum dalam kategori produk Anda? Apakah semua orang menggunakan kemasan polos dengan warna netral? Coba lakukan langkah berani dengan pilihan warna pada packaging produk Anda.

Apakah gambar wadah terutama ilustrasi? Gunakan gambar yang difoto untuk menonjol. Pada dasarnya, Anda ingin melihat apa yang dilakukan pesaing Anda dengan baik dan memperbaikinya atau menemukan cara untuk membedakan diri Anda.

Anda juga dapat belajar sesuatu dari pesaing atau kemasan yang berkinerja buruk yang menurut Anda tidak menarik.

Apa yang tidak Anda sukai dari itu? Di mana kemasannya pendek? Kelemahan dalam desain kemasan pesaing dapat membantu Anda menghindari kesalahan yang sama.

Ingat, kemasan Anda akan bersaing dengan pesaing Anda. Bagaimana produk Anda terlihat ketika berada di rak sebelah produk parapesaing? Apakah akan menonjol atau berbaur dengan orang produk lainnya?

Kemasan dari produk yang sangat berbeda juga dapat menjadi inspirasi untuk desain Anda. Anda dapat menemukan inspirasi dalam kemasan permen gourmet untuk bom mandi khusus Anda.

Tentukan biaya produksi

Tentukan Biaya Produksi Desain Packaging Makanan

Biaya produk Anda akan mempengaruhi pilihan dan desain kemasan Anda. Jangan over desain untuk produk titik harga rendah.

Mendesain yang berlebihan dapat berarti biaya pengemasan yang lebih tinggi dari yang diperlukan.

 Mendesain yang berlebihan bisa berarti membuat kotak kaku yang mahal untuk barang yang harganya murah. Paket terlihat dan terasa hebat tetapi ekonomi kemasan Anda terbalik. Ada cara lain untuk membuat packaging yang unik tanpa harus mengeluarkan budget yang berlebihan

Related Posts

About The Author

Add Comment