Cara Mengetahui Kecepatan Internet Smartphone Dengan Aplikasi Android

Cara Mengetahui Kecepatan Jaringan Internet – Sering kali kita merasa jengkel dengan kecepatan koneksi internet smartphone kita yang sangat lambat. Padahal kita merasa sudah menggunakan provider yang paling banyak digunakan sebagai penyedia layanan internet terbaik.

Tapi tahukah kamu, kalau sebenarnya kita bisa mengecek seberapa cepat kecepatan internet yang kita pakai saat ini. Tidak perlu lagi sibuk untuk menghubungi provider untuk mengetahui kecepatan koneksi internet yang sebenarnya. Kali ini Caraintel akan membahas cara mengetahui kecepatan jaringan internet dengan mudah dengan aplikasi pengukur kecepatan internet.

Cara Mengetahui Kecepatan Jaringan Internet Di Smartphone

Kecepatan jaringan internet memang banyak dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti lokasi tempat tinggal, ada atau tidaknya tower pemancar dan lain sebagainya. Biasanya tidak semua provider mampu memberikan koneksi  internet yang baik di seluruh pelosok. Untuk itu, sangatlah penting bagi kamu untuk mengetahui  kecepatan koneksi internet yang kamu miliki saat ini.

Untuk mengetahui kecepatan koneksi internet di smartphone, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pengukur kecepatan internet di playstore. Beberapa aplikasi pengukur kecepatan di android yang sangat kami rekomendasikan karena keakuratannya yaitu seperti berikut ini.

Aplikasi Pengukur Kecepatan Internet di Android

1.  Internet Speed Test

aplikasi pengukur kecepatan internet

Aplikasi Internet Speed Test – Sumber : Playstore

Cara mengetahui kecepatan jaringan internet di smartphone yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Internet Speed Test. Cukup dengan satu klik saja, kamu bisa dengan mudah mengetahui seberapa cepat jaringan internet provider yang kamu gunakan saat ini.

Baca Juga:   Aplikasi Pendingin Untuk Android

Untuk menggunakan aplikasi pengukur kecepatan internet inipun sangat mudah, kamu cukup menginstal aplikasinya dari Playstore. Dan setelah aplikasi pengukur kecepatan Internet Speed Test terinstal, kamu cukup menekan tombol “Perform”. Aplikasi ini akan berjalan secara otomatis dan kamu hanya tinggal menunggu hasilnya. Sungguh mudah bukan?

2. Fast Speed Test

cara mengetahui kecepatan jaringan internet

Aplikasi Fast Speed Test – Sumber : Playstore

Aplikasi pengukur kecepatan internet yang selanjutnya adalah Fast Speed Test. Dengan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah mengetahui kecepatan jaringan internet kamu. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Netflix yang juga tersedia dalam versi web.

Aplikasi Fast Speed Test menjadi salah satu cara mengetahui kecepatan jaringan internet yang paling mudah. Kamu tidak perlu melakukan setting apapun karena sekali kamu menginstall dan membukanya, aplikasi ini akan bekerja secara otomatis. Kamu akan menemukan kecepatan koneksi internet provider yang kamu gunakan, bahkan termasuk koneksi internet Wi-fi yang sedang aktif.

Kamu bisa dengan mudah menemukan aplikasi pengukur kecepatan ini di playstore. Bahkan aplikasi ini dapat diinstall pada smartphone dengan OS jadul.

3. V-SPEED Speed Test

aplikasi pengukur kecepatan internet

Aplikasi V-SPEED – Sumber : Playstore

Cara mengetahui kecepatan jaringan internet yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi V-SPEED Speed Test. Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 200 Ribu pengguna Android. Dengan menggunakan aplikasi pengukur kecepatan internet ini, kamu akan mendapatkan data yang lebih akurat terkait koneksi internet kamu.

Tidak hanya kecepatan koneksi internet saja, kamu bisa mengetahui kecepatan download dan upload. Jadi, jika kamu sedang mengunduh atau mengunggah file, kamu bisa melihat kecepatan yang digunakan. Jika terasa lambat, maka kamu bisa memutuskan untuk membatalkannya. Sayang dunk jika file yang lama terupload, gagal ditengah jalan.

Baca Juga:   Bisnis Online Terbaik Yang Paling Menguntungkan

4. SpeedTest by Ookla

cara mengetahaui kecepatan jaringan internet

Aplikasi Speed Test by Ookla – Sumber : Playstore

Dan cara mengetahui kecepatan jaringan internet yang terakhir adalah dengan menggunakan SpeedTest by Ookla. Aplikasi ini dapat memberikan informasi terkait kecepatan koneksi internet provider kamu dengan sangat mudah. Kecepatan jaringan internet akan muncul secara real time.

Aplikasi ini pertama kali muncul untuk pengguna desktop atau Laptop/PC. Namun karena banyaknya pengguna Android, aplikasi pengukur kecepatan internet inipun muncul di playstore. Dengan aplikasi pengukur kecepatan jaringan internet ini, kamu bisa melihat kecepatan upload dan download data. Sangat mudah dan memang aplikasi ini menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak dari aplikasi yang sudah dijelaskan diatas.

Manfaat Lain Mengetahui Kecepatan Jaringan Internet

Banyak yang tidak mengetahui seberapa penting untuk mengetahui kecepatan koneksi internet. Padahal dengan mengetahui kecepatan jaringan internet, kita bisa mengantisipasi beberapa hal seperti :

  1. Mengetahui jaringan Wifi palsu yang sering menjadi sumber virus ketika menggunakan. Biasanya jaringan internet pada wifi palsu tidak akan bergerak atau bahkan tidak muncul sama sekali.
  2. Kita juga bisa memilih provider apa yang bisa kitab gunakan. Hal ini dikarenakan tidak semua area memiliki kecepatan jaringan internet yang sama.
  3. Selain itu, dengan mengetahui kecepatan koneksi internet, kita bisa menentukan apakah kita perlu melanjutkan upload atau download file. Karena ketika jaringan internet sedang down, kamu tidak perlu untuk mengupload atau mendownload.

Demikianlah cara mengetahui kecepatan jaringan internet yang dapat Caraintel berikan. Jangan sungkan untuk memberikan rekomendasi lain jika kamu menemukan aplikasi pengukur kecepatan koneksi internet yang lebih baik.

Caraintel | Cara Intelektual Generasi Milenial.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment