Tips Membuat Toko Kelontong Laris & Ramai. Yuk, Coba!

Membuka usaha toko kelontong memang makin banyak diminati oleh orang-orang. Alasannya, tentu saja karena membuka usaha toko kelontong bisa mendatangkan untung yang lumayan besar karena itulah semakin banyak peminatnya.. Terlebih, ditambah, sekarang ada aplikasi pencatatan penjualan yang akan semakin memudahkan penjual dalam mengelola usaha toko kelontong mereka, tentunya ini akan membuat orang-orang pun makin tergiur untuk membuka usaha toko kelontong tersebut.

Strategi Toko Kelontong Menjadi Laris dan Ramai Pembeli

Meskipun begitu, jika Anda berencana membuka usaha toko kelontong, tentu harus memiliki strategi yang mumpuni supaya toko kelontong Anda laris dan ramai didatangi oleh pembeli. Well, agar usaha toko kelontong Anda ramai dan laris, berikut cara yang bisa dilakukan, check it out:

1. Letak toko strategis

Lokasi toko yang strategis

Lokasi merupakan faktor penentu ramai atau tidaknya toko kelontong Anda. Jika Anda membuka toko kelontong di pemukiman yang ramai penduduk, tentu toko kelontong Anda pun akan ramai didatangi oleh pembeli. Oleh karena itulah, pilih lokasi yang strategis supaya toko kelontong Anda ramai dan semakin laris.

2. Perlengkapan barang yang lengkap

toko kelontong dengan barang yang lengkap

Semakin lengkap barang dagangan yang Anda jual, tentu membuat pembeli akan betah berbelanja di toko kelontong Anda. Untuk itu, Anda disarankan untuk menjual berbagai jenis barang di toko kelontong Anda meski persediaannya tidak terlalu banyak. Meskipun terkadang pembeli tidak membutuhkan barang tersebut, tapi jika membutuhkannya, mereka pasti akan langsung teringat toko Anda.

3. Jual dengan harga yang lebih murah

jual barang dengan harga murah
Gambar: Dok. aliaef.com

Apakah nanti untung jika mematok harga yang lebih murah dibanding toko lain? Tentu saja, untung! Karena sekalipun Anda menjual barang dengan selisih harga 500 – 1.000 dengan penjual lain, akan tetapi jika banyak pembeli yang mendatangi toko Anda tentunya barang dagangan Anda pun akan lebih cepat habis.

4. Berikan pelayanan terbaik

Ramah, murah senyum, dan sopan pada pelanggan merupakan kunci utama dalam membuat toko kelontong laris dan ramai didatangi oleh pembeli. Jika Anda cemberut ketika berjualan, maka dapat dipastikan pembeli tidak akan mau lagi berbelanja di toko Anda.

pelayanannya ramah dan baik

Oleh sebab itu, ramahlah pada pembeli supaya pembeli betah berbelanja di toko Anda. Supaya semakin akrab, jangan lupa untuk menanyakan kabar pembeli, memberi bantuan jika pembeli membutuhkannya misalnya memasang regulator gas elpiji, dan lain sebagainya.

Jangan lupa gunakan aplikasi pencatatan penjualan sehingga akan memudahkan Anda sebagai penjual dalam merekam semua transkasi penjualan yang terjadi.

5. Pajang barang dengan rapi

Toko Kelontong rapi dalam penataan barang

Supaya semakin memudahkan pembeli ketika berbelanja di toko Anda, maka pajanglah barang dagangan dengan sangat rapi. Selain dapat membantu pembeli, memajang barang dagangan dengan rapi bisa menjadi ajang untuk mempromosikan barang lainnya. Sebagai contoh, pembeli yang tadinya hanya berencana membeli satu barang saja, tapi karena melihat barang lain mereka pun akhirnya tertarik untuk membelinya.

6. Buka toko lebih lama dibanding toko lain

Toko kelontong buka lebih lama
Gambar: Dok. Len-Diary.com

Jika toko lain membuka warung mereka dari pukul 08:00 AM – 17.00 PM, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuka warung dari pukul 08:00 AM – 21:00 PM. Sebab, sekalipun sudah malam, biasanya masih banyak pembeli yang mau berbelanja misalnya membeli mie instan, telur, kopi, dan lain sebagainya.

Selain keenam cara di atas, masih ada cara lainnya yang bisa diterapkan seperti jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, jujur ketika berjualan, pilih nama toko semenarik mungkin, dan lain sebagainya.

Dan supaya toko kelontong Anda semakin berkembang, maka gunakan Youtap.id. Youtap.id merupakan aplikasi dagang digital yang siap membantu Anda dalam mengembangkan usaha dengan sangat mudah.

Youtap, Aplikasi Teman Dagang SerbaBisa
Youtap, Aplikasi Teman Dagang SerbaBisa. (Gambar: Dok. Instagram/@youtap.id)

Mulai dari mengelola transaksi dan pencatatan penjualan, pembayaran tunai ataupun non tunai, hingga memberikan laporan & analisa penjualan bisa dilakukan melalui Youtap.id. Youtap.id pun bisa diunduh melalui handphone sehingga lebih memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. So, mau usaha toko kelontong berkembang dan makin laris? Gunakan saja Youtap.id!

Related Posts

About The Author

Add Comment