var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-97 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Cara Menggunakan Teknik SEO Pada Website Untuk Meningkatkan Bisnis

Cara Menggunakan Teknik SEO Pada Website – Search Engine Optimize atau yang lebih dikenal dengan SEO merupakan sebuah teknik yang wajib digunakan untuk meningkatkan traffic sebuah website. Teknik SEO pada Website memiliki pengertian bahwa sebuah konten akan memiliki nilai jika mampu ditelusuri dengan mudah dengan mesin pencari seperti Google. Cara menggunakan teknik SEO inipun tidak pernah sama setiap waktunya. Karena mesin pencari seperti Google selalu melakukan update algoritma yang memaksa para pengembang website harus terus melakukan penyesuaian.

Namun apa korelasi cara menggunakan teknik SEO ini dengan peningkatan bisnis? Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini model bisnis sudah mulai berpindah ke jalur digital. Yang paling banyak menggunakan website sebagai media promosi ataupun media penjualan langsung layaknya bisnis E-Commerce. Persaingan yang ketat didalam dunia digital marketing memang mewajibkan para pembisnis untuk mulai belajar mengenal pengertian SEO dan juga tekniknya sejak awal.

Cara Menggunakan Teknik SEO Pada Website

cara menggunakan teknik seo

Menggunakan teknik SEO pada Website berarti membesarkan peluang sebuah bisnis untuk dapat bersaing. Media promosi seperti website menjadi salah satu media yang saat ini paling banyak digunakan. Walau banyak cara untuk mengiklankan produk seperti penggunaan fitur pengiklan seperti Google Adwords, namun dengan menggunakan teknik SEO pada website hasil yang diperoleh akan semakin besar.

Menggunakan website berarti kita menggunakan konten berupa artikel yang mengandung kata kunci. Namun jika artikel tersebut sulit untuk ditemukan saat seseorang menuliskan kata kunci di Google, produk yang kita tawarkan tidak akan efektif terjual. Dari gambar dibawah, dapat terlihat dua perbandingan kata kunci. Kata kunci yang pertama adalah “harga kemeja pria warna putih” dan yang kedua “tempat grosir kemeja putih pria”. Jika kamu menggunakan jasa iklan dari Google, maka kemungkinan besar produk kamu akan berada pada Halaman pertama pencarian Google. Namun, tahukah kamu bahwa menggunakan jasa pengiklan seperti Google AdWords berarti kita wajib membayar setiap bulannya kepada pihak Google? Padahal, jika kita tahu cara menggunakan teknik SEO, kita bisa menghemat anggaran iklan yang lumayan cukup besar. Ditambah bagi kamu yang baru memulai bisnis Online.

cara menggunakan teknik seo

Menang dalam pencarian Google, berarti akan memperbesar peluang produk bisnis kamu akan terjual. Banyak hal yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan teknik SEO pada website, seperti menggunakan elemen berikut ini.

1. Menggunakan Keywords Atau Kata Kunci Yang Tepat

Cara menggunakan teknik SEO pada website yang pertama adalah menentukan kata kunci yang tepat sasaran. Bagi seorang pakar SEO, menentukan kata kunci artikel bisa membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena dalam menentukan kata kunci, kita memerlukan beberapa tahapan seperti :

  • Persaingan kata kunci di Google yang dapat dilihat dari jumlah pencarian
  • Persaingan website yang saat ini berada di halaman pertama Google. Semakin besar kualitas website pesaing, maka semakin sukar untuk mampu berada di pencarian Google.
  • Menentukan dan membangun Backlink kata kunci yang tepat. Backlink adalah link yang berasal dari luar website yang mengarah ke website kita. Dengan menggunakan Backlink akan membantu artikel kita mampu bersaing di pencarian utama Google. Biasanya Backlink akan ditentukan berdasarkan kata kunci.

Namun jika kamu masih pemula dalam hal teknik SEO dalam website, maka kamu tidak perlu memperhatikan hal tersebut diatas. Karena untuk menentukan kata kunci yang tepat, kamu cukup memposisikan diri sebagai pengunjung atau pembeli yang ingin mencari informasi di website.

Sebagai contoh, kamu akan menjual pakaian muslim. Pakaian muslim merupakan kata kunci utama yang wajib ada didalam artikel kamu. Setelah itu, tentukan apakah kamu ingin menjual pakaian muslim dari seluruh jenis atau hanya pada kategori tertentu saja seperti pakaian muslim khusus pria. Sehingga akan muncul kata kunci baru yaitu “pakaian muslim khusus pria”. Setelah itu, kamu bisa menambahkan keterangan pada kata kunci tersebut seperti “Jual Pakaian Muslim Khusus Pria Murah Di Jakarta”. Sehingga akan muncul beberapa kata kunci yang bisa dimasukkan dalam artikel kamu nanti yaitu :

  1. Jual Pakaian Muslim
  2. Pakaian Muslim Khusus Pria
  3. Jual Pakaian Muslim Murah khusus pria
  4. Jual Pakaian Muslim Murah  Di Jakarta

Keempat kata kunci tersebut harus digunakan dalam artikel produk yang kamu publikasikan dalam website. Cara menggunakan teknik SEO dengan memanfaatkan beberapa kata kunci, akan menjadi teknik SEO pada Website yang paling efektif untuk saat ini.

2. Menggunakan Artikel Dengan Bahasa Yang Menarik dan Mudah Di Pahami

Untuk menggunakan teknik SEO pada Website, kita sangat diwajibkan untuk membuat sebuah konten yang berkualitas. Persepsi artikel berkualitas saat ini belum dapat dipatenkan, karena masing-masing content creator di bidang marketing memiliki standarnya masing-masing. Cara menggunakan teknik SEO pada Website dalam tahapan ini, memang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti :

  • Panjang artikel yang mencapai lebih dari 1000 kata yang mencakupi informasi yang detail tentang produk,
  • Bahasa artikel yang menarik dan bersifat mengajak untuk membeli,
  • Gambar dan video pendukung.

Panjang artikel disebutkan oleh pakar SEO menjadi hal penentu kekuatan artikel kita berada di halaman pertama dipencarian Google. Sebenarnya hal ini dipengaruhi peluang banyaknya kata kunci yang dimasukkan dalam sebuah konten. Bayangkan saja, jika kamu memiliki 4 kata kunci, tetapi artikel hanya sebanyak 500 kata, tentu saja bahasa yang digunakan akan cenderung janggal. Dengan menggunakan artikel 1000 kata lebih, kita bisa lebih leluasa dalam menyebar kata kunci pada setiap paragraf.

Bahasa artikel yang menarik menjadi salah satu penentu baik atau tidaknya teknik SEO pada website yang kita gunakan. SEO tidak hanya terpatok pada Google saja, namun juga pada pembaca. Biasanya, cara menggunakan teknik SEO ini sering menjadi jebakan yang merugikan diri sendiri. Jika kita terlalu fokus pada penyebaran kata kunci, maka bahasa artikel tidak akan efektif. Dalam sebuah konten produk yang bersifat memasarkan, kita wajib membangun bahasa yang mengajak untuk membeli. Misalnya kamu menjelaskan bahwa bahan baku yang digunakan untuk pakaian muslim itu sangat berkualitas. Kamu bisa menggunakan gambar-gambar pendukung yang mencerminkan kualitas produk yang digunakan. Apalagi jika kamu menggunakan video pada YouTube untuk mempromosikan produk. Kamu bisa menyelipkan video tersebut untuk menunjang informasi yang mungkin terlewat oleh pembaca.

3. Membuat Beberapa Artikel Yang Sejenis

Teknik SEO pada website membutuhkan artikel penyokong yang bisa saling mendukung satu sama lain. Cara menggunakan teknik SEO yang ini mewajibkan kita untuk lebih sering membuat artikel dengan jenis yang sama. Misalnya kamu ingin menjual “Pakaian Muslim”, maka kamu wajib membuat artikel yang hanya fokus pada artikel berjenis pakaian dan pakaian muslim saja.

Dalam dunia blogging, teknik SEO ini disebut sebagai Konten Pilar. Dengan adanya konsistensi pada satu jenis topik pembahasan saja, maka Google akan mematerai website kamu sebagai website yang paling direkomendasikan untuk topik Pakaian Muslim. Cara menggunakan teknik SEO pada website, mewajibkan kita untuk terus rutin melakukan postingan. Jika dalam waktu dua hari website tidak memiliki aktivitas artikel, maka bisa dipastikan bahwa website kamu akan semakin hilang dalam pencarian Google.

4. Membuat Akun Media Sosial

Dan yang terakhir dalam menggunakan teknik SEO pada website adalah dengan membuat akun medsos yang sama dengan nama website kamu. Media sosial yang bisa kamu gunakan seperti :

  1. Fanpage Facebook
  2. Google+
  3. Twitter
  4. YouTube
  5. LinkId dan lain sebagainya

Dengan membuat akun media sosial ini, maka website kamu akan memiliki Brand dan dipercaya sebagai website yang profesional. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menautkan URL website kamu pada akun-akun tersebut. Dalam bahasa SEO, trik ini disebut dengan Signal Social yang berarti bahwa kamu memiliki website dengan media bantuan yang banyak digunakan orang.

Kesimpulan

Dalam artikel cara menggunakan teknik SEO pada Website yang Caraintel publish berikut ini, masih banyak hal lainnya yang perlu dipelajari. Namun, kamu juga bisa mempelajari trik SEO terbaru dengan mengunjungi website yang memang fokus membahas teknik SEO pada Website. Kamu juga bisa mengunjungi channel YouTube Ahli SEO Brian Dean yang merupakan salah satu Ahli SEO terkemuka dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan sungkan bertanya pada kolom komentar jika kamu mendapatkan kesulitan.

 

Related Posts

About The Author

One Response

  1. hafiz
    May 4, 2018

Add Comment