var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-220 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

3 Hal Yang Wajib Ada Saat Membuat Proposal Bisnis

Proposal bisnis dikenal sebagai sebuah cara yang tepat ketika kita mulai kekurangan dana untuk melanjutkan usaha yang kita jalankan. Karena dengan membuat proposal bisnis, besar kemungkinan kita akan mendapatkan kucuran dana segar yang akan sangat membantu perkembangan usaha.

Dalam membuat proposal bisnis, sering kali kita mencantumkan poin-poin yang sebenarnya tidak terlalu penting. Bahkan, kita sering lupa menjelaskan poin terpenting tentang proposal yang kita ajukan. Hal inilah yang sering menjadikan proposal bisnis kita ditolak oleh pihak investor atau rekanan.

Cara Membuat Proposal Bisnis Yang Benar

Untuk membuat proposal bisnis yang mudah diterima, ada baiknya kamu mulai melupakan contoh proposal yang pernah yang kamu buat atau lihat sebelumnya. Beberapa contoh proposal usaha yang saat ini ada, lebih cenderung terkesan kaku dan sangat formal. Padahal, ketika kita membuat proposal bisnis, hal yang terepnting adalah bagaimana menangkap kesan pertama calon investor agar tertartik untuk membaca proposal kita.

Semakin besar peluang proposal dibaca oleh investor, maka semakin besar peluang proposal bisnis kita diterima. So, simak ulasannya tentang 3 hal wajib yang wajib ada saat kamu membuat proposal bisnis.

1. Kemasan Adalah Segalanya

Hal yang pertama yang perlu kamu perhatikan dalam membuat proposal bisnis adalah kemasan. Cara mengemas yang baik akan membuat kesan pertama yang begitu menggoda. Coba kamu perhatikan beberapa proposal berupa portofolio yang bertebaran di situs-situs startup. Sangat terlihat elegan dan menarik.

Untuk itu, buatlah tampilan proposal yang berbeda dengan yang lain. Jangan samakan proposal bisnis dengan proposal saat kamu mengajukan skripsi. Karena dalam bisnis, penampilan adalah temannya uang.

Kamu bisa membuat halaman depan dengan menggunakan desain gambar di Photoshop. Dan menggunakan kertas yang berkualitas dan unik. Semakin baik tampilan proposal kamu, maka semakin tinggilah kesempatan menang.

2. Menuliskan Website Bisnis Sesering Mungkin

Jika kamu belum memiliki website bisnis kamu, maka sangat disarankan untuk membuatnya segera. Karena hal ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam membuat proposal bisnis. Website memiliki fungsi yang sangat banyak, untuk membantu para investor mengetahui seberapa serius kamu menjalankan bisnis kamu sekarang.

Tentunya mereka tidak akan mau mengucurkan dana pada orang-orang yang terlihat biasa, atau bahkan amatir. Dengan sering mencantumkan nama website bisnis kamu di proposal, maka investor akan dengan mudah mengingat kembali dan besar kemungkinan untuk membuka situs website kamu kapanpun dan dimanapun.

Kembangkan website kamu sebaik mungkin, dan jangan lupa untuk mencantumkan semua hal yang tulis didalam proposal kamu saat ini. Simak ulasan terkait topik tersebut di artikel berikut ini :

Baca Juga : Cara Membuat Website Bisnis Semakin Menarik Dengan 4 Cara Sederhana

3. Lampirkan Data Digital Berupa Video

Dan yang terakhir dalam membuat proposal bisnis yang benar adalah dengan memberikan data digital yang dapat mempermudah para investor memahami sistem kerja perusahaan kamu. Saat ini, video merupakan salah satu cara terbaik untuk menyampaikan hal-hal penting kepada orang lain. Menurut riset yang CARAINTEL lakukan, data audio video, memiliki pengaruh 90% dari pada text biasa.

Untuk itu, akan sangat berguna jika kamu turut menyerahkan data digital berupa video yang berisi penjelasan penting proposal. Kamu bisa membaca ulasan terkait topik ini di artikel berikut :
Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Promosi Video Di YouTube.

Kamu bisa menggunakan aplikasi camtasia ataupun aplikasi editor video lainnya untuk menciptakan konten menarik. Dengan begitu, pihak investor akan melihat bahwa kamu benar-benar serius dalam menggarap bisnis yang sedang kamu ajukan.

Mungkin itu saja yang dapat kami berikan terkait cara membuat proposal bisnis yang baik. Walau masih banyak hal penting lainnya, tetapi ketiga poin yang kami paparkan tersebut diatas, memiliki pengaruh yang sangat penting dalam hal pengajuan kerjasama. Selamat mencoba.

Related Posts

About The Author

Add Comment