var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-551 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Mengurangi Rasa Ngilu Saat Gigi Dibehel

Salah satu alasan mengapa banyak yang tidak mau meratakan gigi dengan behel adalah rasa ngilu. Ini hal yang pasti terjadi. Mulai saat pemasangan behel gigi, rasa ngilu tersebut sudah mulai terasa. Belum lagi ketika behel dikencangkan. Jelas sekali rasa ngilu semakin luar biasa.

Mungkin itu juga yang membuat Anda berpikir ulang sebelum akhirnya mau memakai behel gigi untuk meratakan gigi. Tenang saja. Ada cara yang mudah untuk dilakukan untuk mengurangi rasa ngilu tersebut.

Sering Minum Es

Bisa dikatakan ini cara yang paling enak untuk mengurangi ngilu pada gigi yang dibehel. Anda bisa pilih minuman es apa yang Anda sukai. Namun, jangan es buah ya. Karena bisa juga buah yang ada di dalam minuman menempel pada behel gigi. Anda akan repot untuk membersihkan buah yang menempel pada gigi atau behel.

Sering Minum Es
Foto : KlikDokter

Kalaupun Anda ingin minum es buah, pilih es yang diisi dengan buah-buahan yang tidak mudah menempel pada gigi. Misalnya saja buah semangka atau buah melon. Ini termasuk buah-buahan yang tidak mudah menempel pada gigi.

Yang pasti, minum es bisa memberikan sensasi seperti mata rasa pada gusi. Ini membuat Anda tidak terlalu merasakan ngilu.

Kumur-Kumur dengan Air Garam

Sepertinya tidak ada cara yang paling efektif meratakan gigi selain menggunakan behel gigi. Jika Anda sedikit khawatir dengan rasa ngilu, Anda bisa kurangi rasa ngilu tersebut dengan cara berkumur-kumur dengan air garam.

Kumur Air Garam untuk Kurangi Ngilu
Foto : raparapa.co

Air garam ternyata bisa membuat gusi sedikit melunak. Jadi, ketika gigi didorong atau ditarik oleh behel, maka rasa ngilu tidak begitu terasa. Hal ini disebabkan gusi melunak.

Selain itu, ada manfaat lain dari air garam ini. Berkumur-kumur dengan menggunakan air garam bisa membuat gigi Anda terhindar dari bakteri. Anda harus tahu bakteri di dalam mulut lebih murah berkembang ketika gigi Anda dibehel.

Mengkompres dengan Air Hangat

Terkadang, rasa ngilu tak tertahankan. Terutama setelah Anda kontrol dengan dokter gigi dan behel gigi ditarik. Ini biasa dilakukan agar gigi bisa lebih cepat rata.

Kompres dengan Air Hangat
Foto : Hello Sehat

Jika rasa ngilu begitu luar biasa, ada baiknya Anda siapkan kompres air hangat. Siapkan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Tempelkan pada pipi yang terasa ngilu.

Makan Makanan Padat

Rasa ngilu yang Anda rasakan itu sama seperti balita yang mulai tumbuh gigi. Untuk menghilangkan rasa ngilu tersebut, coba saja Anda pilih makanan yang padat. Misalnya saja apel. Ketika Anda makan apel, gigi akan lebih menekan. Pada saat gigi tertekan, maka rasa ngilu akan sedikit hilang.

Makan Makanan Padat
Makan Makanan Padat , seperti Buah-buahan. Foto : Alodokter

Akan tetapi, jangan memilih sembarang makanan padat ya. Jangan sampai Anda pilih makanan padat yang justru mudah menempel pada gigi. Bukannya membantu meringankan ngilu tapi justru Anda akan disibukkan untuk membersihkan sisa makanan menempel pada gigi.

Jadi, sudah siap untuk meratakan gigi dengan memakai behel?

Sebenarnya, ada cara lain selain menggunakan behel gigi. Sekarang ini, sudah ada alat yang lebih canggih. Namanya RATA.id, yakni clear aligner gigi. Ini produk yang bisa Anda andalkan untuk merapikan gigi. Cara kerjanya sama dengan behel gigi tradisional. Hanya saja bahan yang digunakan berbeda. Bahan utamanya dari plastik.

Selain itu, clear aligner dari RATA.id juga bisa dipasang dan dilepas dengan sangat mudah. Dan satu lagi yang sangat penting. Ada teknologi AI yang ditanamkan di dalam alat ini. AI atau Artificial Intelligence ini akan mendeteksi bagaimana posisi gigi seharusnya digerakkan agar rata serta mengkalkulasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk meratakan gigi.

Related Posts

About The Author

No Responses

Add Comment