var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-88 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Pembuat Video Camtasia

Cara Menggunakan Camtasia  – Dalam perkembangan dunia teknologi saat ini, aplikasi pembuat video sudah sangat mudah ditemukan. Hal ini disebabkan kebutuhan masyarakat akan informasi audio visual yang biasanya mudah ditemukan di platform video sharing seperti YouTube. Dan hal ini juga menjadi sebab banyaknya orang-orang ingin menjadi seorang YouTubers. Bahkan, aplikasi pembuat video ini sangat bermanfaat bagi pembisnis yang ingin meningkatkan penjualan lewat promosi video di YouTube.

Banyaknya aplikasi untuk membuat video menjadikan banyak kalangan, susah menentukan aplikasi mana yang paling mudah digunakan. Karena tidak semua aplikasi pembuat video dapat digunakan dengan mudah. Salah satu contohnya adalah aplikasi video editor Adobe Premier Pro yang cukup membutuhkan keahlian dalam menggunakannya.

Kali ini, Caraintel akan membahas salah satu aplikasi editor video terbaik, yaitu Camtasia yang merupakan aplikasi keluaran Tech Smith. Cara menggunakan Camtasia juga sangat mudah dan aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang sudah sangat cukup bagi seorang YouTubers ataupun pembisnis E-Commerce.

Cara Menggunakan Camtasia Video Editor

aplikasi pembuat video camtasia

Untuk dapat menggunakan aplikasi video maker dan editor ini, kamu terlebih dahulu harus mengunduh aplikasinya. Kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.techsmith.com. Kamu tidak perlu khawatir untuk menginstall aplikasi ini, karena Camtasia hanya memiliki ukuran file tidak lebih dari 100 Mb. Sehingga akan ramah pada PC atau Laptop yang kamu gunakan. Untuk cara menggunakan Camtasia ini, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu fitur-fitur apa saja yang dapat kamu gunakan nantinya.

Fitur Pada Aplikasi Pembuat Video Camtasia

Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Camtasia memiliki beberapa fitur yang sangat menarik. Camtasia ini memiliki plugin yang juga dimiliki oleh aplikasi editor video Profesional seperti Adobe Premiere yang cenderung lebih banyak memakan space RAM dan Harddisk. Berikut fitur atau plugin yang biasanya digunakan oleh pembuat konten video seperti YouTubers.

1. Fitur Merekam Layar

Tidak banyak aplikasi pembuat video memiliki fitur yang dapat merekam layar atau screen recording. Padahal, fitur ini sangat berguna bagi pembuat video terlebih bagi ingin membuat video review produk bertemakan tutorial. Cukup dengan menekan tombol Record, kita bisa merekam seluruh kegiatan yang sedang berlangsung di layar PC atau Laptop.

Biasanya bagi penyedia jasa layanan pembuat aplikasi seperti android ataupun windows, dapat menggunakan fitur ini untuk membantu calon penggunanya untuk mengoperasikan aplikasi yang ditawarkan. Atau juga dapat digunakan sebagai aplikasi pengganti ketika ingin menjadikan file berformat powerpoint menjadi video.

2. Fitur Green Screen

Bagi pencipta konten video di YouTube, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur Green Screen ini. Green Screen atau layar hijau adalah fitur untuk menghilangkan layar (biasanya background) yang memiliki satu komposisi warna saja (hujau). Dengan fitur ini, kita bisa dengan leluasa menambahkan background seperti pemandangan dan lain sebagainya. Fitur Grren Screen dari Aplikasi pembuat video Camtasia ini memang tidak sehalus editan dengan menggunakan Adobe Premiere. Masih akan terdapat sisa seperti crop yang terkadang terlihat.

3. Fitur Zooming

Selain fitur transisi yang memang banyak terdapat diberbagai aplikasi pembuat video, terdapat sebuah fitur mengasikkan yang bisa kita gunakan pada Aplikasi editor video Camtasia ini. Yaitu fitur Zooming yang berfungsi menambah atau mengurangi skala objek. Fitur ini terlihat seperti hasil rekaman kamera yang sengaja di Zoom untuk menambah efek fokus pada satu objek. Jadi, dengan aplikasi pembuat video Camtasia ini, kamu bisa melakukan beberapa hal dengan lebih mudah seperti memperbesar ukuran gambar pada durasi tertentu.

Tutorial Menggunakan Aplikasi Camtasia

Cara menggunakan Camtasia ini sebenarnya sangat mudah. Setelah kamu selesai menginstal aplikasi pembuat video ini, kamu hanya memerlukan beberapa hal berikut ini :

  1. Audio yang bisa digunakan sebagai backsound dan juga dijadikan narasi video
  2. Gambar-gambar pendukung yang bisa kamu edit melalui aplikasi Photoshop
  3. Skema video yang akan dibuat (storyboard)

Setelah semua sudah disiapkan, kamu cukup membuat project baru dengan memilih “New Project” pada jendela awal aplikasi. Setelah itu kamu bisa menyisipkan audio dan gambar dengan memilih “Import Media”. Untuk memulai merekam layar menggunakan aplikasi pembuat video ini, kamu cukup menekan tombol merah berbentuk bundar di atas sebelah kiri.

Setelah semua sudah disiapkan pada jendela galeri melalui pilihan “Import Media”, kamu cukup menarik item-item pada Storyboard. Susunlah bagian-bagian yang menurut kamu sesuai dan enak didengar dan dilihat. Untuk menambahkan efek, kamu bisa memilih “Transtition”, “Behaviors” untuk mode in dan out item, dan “Animations” untuk menggunakan mode Zoom.  Cara menggunakan Camtasia dengan fitur Green Screen, dapat kamu jumpai pada pilihan “Visual Effects”. Bagaimana, sungguh mudah bukan cara menggunakan Camtasia ini?

Untuk lebih jelasnya, simak gambar dibawah ini.

cara menggunakan camtasia

Untuk menjadikan project menjadi format video seperti MP4, kamu bisa memilih “Share”. Kamu bisa menentukan format video apa yang kamu inginkan. Bahkan, dengan aplikasi pembuat video Camtasia ini, kamu bisa langsung mengupload hasil buatan video kamu ke YouTube. Sungguh menarik bukan?

Jangan lupa tinggalkan komentar kamu yah.

Related Posts

About The Author

Add Comment