var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-373 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Tiga Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui Pembuatnya

Berita Teknologi,- Fitur status di WhatsApp sering dipakai penggunanya untuk curhat, atau menunjukkan hal-hal yang menarik. Melihat status WhatsApp tanpa diketahui pembuatnya bisa kamu lakukan agar tidak dianggap ‘kepo.’

Sebenarnya fitur ini sudah lebih dulu hadir di Instagram, namun beberapa waktu yang lalu Facebook dan WhatsApp mulai mengadopsi fitur story seperti halnya yang ada pada aplikasi Instagram.

Memang tidak ada perbedaan antara fitur story/status yang ada di Instagram dan Facebook dengan yang ada di WhatsApp, cuma berbeda platform saja. Kalau dulu, pengguna hanya bisa membuat status WhatsApp menggunakan foto atau video saja.

Tapi sekarang, WhatsApp kembali memperbarui fitur tersebut, yakni pengguna tidak hanya bisa membuat status dalam format foto atau video, namun juga dapat membuat status teks dengan berbagai macam pilihan untuk background-nya.

Di awal kehadirannya fitur ini kurang diminati. Tapi seiring berjalannya waktu akhirnya banyak pengguna yang mulai akrab dengan fitur story. Tak beda jauh dengan Instagram, jika Anda membuka story WhatsApp seseorang, maka Anda pun bakal ketahuan oleh si pemilik status tersebut.

Apalagi kalau kita melalui status “sang mantan,” bisa-bisa kita disangka stalking atau lagi kepoin dia. Namun, Anda tak usah khawatir akan hal itu, karena ada cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa melihat status WhatsApp tanpa diketahui pembuatnya.

Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah melalui aplikasi File Manager. Kedua, melalui pengaturan WhatsApp, dan cara ketiga mematikan data seluler.

Penasaran? Yuk kita bahas ketiga cara tersebut satu-persatu!

Melalui File Manager

Anda dapat melihatnya melalui aplikasi File Manager yang tersedia pada setiap smartphone.  Tapi, jika aplikasi tersebut tidak tersedia, maka Anda bisa download di Play Store.

Kalau sudah ada, silahkan buka “File Manager,” lalu pilih folder “WhatsApp,” kemudian pilih “Media.” Selanjutnya, pilih ikon titik tiga (፧) yang terdapat di pojok kanan atas, dan pilih opsi “Tampilkan berkas tersembunyi.”

Namun, bila pada aplikasi File Manager tak ada pilihan untuk menampilkan berkas atau folder yang tersembunyi, Anda bisa gunakan aplikasi manager pihak ketiga, yaitu ES File Manager dan Root Explore.

Kalau folder tersembunyi sudah berhasil ditampilkan, maka akan muncul folder bernama “Statuses.” Setelah itu, buka folder tersebut dan nantinya bakal tampil semua foto atau video story gebetan atau teman Anda.

Aplikasi Whatsapp

Melalui Pengaturan WhatsApp

Jika Anda tak mau ribet dan ingin melihatnya tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka Anda dapat menggunakan cara ini. Sebab, cara ini dilakukan langsung melalui pengaturan WhatsApp.

Untuk cara pengaturannya, silahkan Anda buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga (፧) di bagian pojok kanan atas, pilih opsi “Setelan, kemudian pilih “Privasi.”

Di pengaturan privasi ada beberapa pilihan. Anda scroll ke bagian bawah, di bagian “Pesan” hilangkan centang pada kolom “Laporan dibaca.”

Matikan Data Seluler

Cara ketiga untuk melihat status WhatsApp orang lain tanpa diketahui pembuatnya adalah dengan mematikan data seluler pada perangkat smartphone yang Anda gunakan. Atau bisa juga dengan cara menyalakan mode pesawat.

Jika data seluler sudah dimatikan, lalu melihat story teman yang ingin dilihat, maka dengan cara ini Anda tidak bakalan ketahuan saat membaca status seseorang. Pasalnya, untuk mengirim laporan bahwa seseorang telah membaca story diperlukan data seluler.

Namun, apabila Anda menghidupkan kembali data seluler, maka secara otomatis si pembuat story akan tahu kalau Anda sudah melihatnya. Jadi, kalau Anda belum siap untuk diketahui oleh si pemilik status, terlebih dahulu data selulernya jangan Anda nyalakan.

Itulah tiga cara untuk melihat status seseorang di WhatsApp tanpa diketahui si pembuatnya yang dapat Anda lakukan. Ketiga cara tersebut di atas memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda tinggal pilih salah satunya yang menurut Anda lebih gampang.

Cara Menghilangkan Status Online WhatsApp

Dalam aplikasi WhatsApp sebetulnya ada berbagai macam jenis fitur canggih yang memanjakan penggunanya. Selain ketiga fitur tersebut di atas, salah satu fitur canggih lainnya yakni menyembunyikan aktivitas online agar tidak terlihat oleh pengguna lain.

Pada fitur ini, banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya melakukan pengaturan secara manual atau bisa juga secara otomatis dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Namun, cara yang paling mudah adalah dengan melakukan pengaturan secara manual karena kita tak perlu mendownload aplikasi tambahan. Cukup mengatur privasi akun, maka status online-pun bakal hilang.

Cara ini bisa juga Anda gunakan di WhatsApp Android maupun iPhone. Penasaran? Berikut ini adalah cara-caranya;

Anda buka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke menu pengaturan dengan cara memilih ikon tiga titik () yang letaknya berada di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih “Setelan.” Selanjutnya pilih “Akun,” pilih “Privasi.”

Jika sudah masuk ke pengaturan “Privasi” maka akan muncul sejumlah pilihan. Perhatikan di bagian “Terakhir dilihat,” dan ubah pengaturannya menjadi “Tidak ada.” Cara ini untuk menyembunyikan status online.

Sampai di situ Anda pun sudah berhasil menghilangkan status online di WhatsApp. Dengan begitu tak perlu lagi khawatir ketahuan kalau Anda sengaja tidak membaca pesan yang dikirim teman. Tapi, dengan menyetel pengaturan ini membuat Anda tidak dapat melihat orang lain online atau waktu terakhir dia online (last seen).

Selain dengan cara pengaturan manual, Anda juga dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Ghost yang dapat diunduh secara gratis di Play Store. Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bisa membantu Anda menyembunyikan status online. Anda tinggal cari saja di Play Store. ***

Related Posts

About The Author

Add Comment