var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-110 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Cara Mengedit Latar Belakang Foto Dengan Photoshop Untuk Membuat Pas Foto

Cara Edit Latar Belakang Foto – Pastinya kamu sangat kesulitan ketika membutuhkan Pas Foto secara mendadak. Ditambah lagi jika file foto tersebut sudah tidak ada lagi. Membuat pas foto sebenarnya sangat mudah, hanya diperlukan foto dari kamera smarphone dan sedikit keahlian menggunakan aplikasi Photoshop.

Biasanya membuat pas foto hanya memerlukan teknik cara edit latar belakang foto saja. Karena latar belakang yang diperlukan hanya cukup satu warna saja seperti biru ataupun merah. Dengan aplikasi Photoshop ini, kamu bisa dengan mudah membuat pas foto. Bahkan bisa dijadikan peluang bisnis jika kamu menekuninya.

Cara Edit Latar Belakang Foto Untuk Membuat Pas Foto

Untuk mengedit latar belakang, kamu memerlukan file foto dengan ukuran pixel yang cukup tinggi. Biasanya untuk membuat pas foto secara instan, kamu memerlukan file foto dari kamera dengan resolusi yang tinggi. Hal ini akan membantu kamu dalam edit latar belakang foto nantinya.

Berikut langkah cara edit latar belakang foto dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Namun sebelumnya kamu harus sudah memiliki aplikasi Photoshop terlebih dahulu, baik seri 7.0 ataupun yang diatasnya.

1. Menyiapkan File Foto Yang Akan Diedit

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu bisa menggunakan smartphone dengan resolusi kamera diatas 5MP. Jika kamera kamu memiliki fitur auto fokus, maka hasilnya akan semakin baik. Ambil gambar dengan latar belakang dinding yang memiliki satu warna saja. Ambil foto dalam jarak dekat agar ketika file diperbesar, hasil gambar tidak akan pecah.

2. Pindahkan File Ke Aplikasi Photoshop

Setelah foto sudah dianggap memenuhi syarat alias sudah bagus untuk dijadikan pas photo, pindahkan file tersebut ke aplikasi Photoshop. Cara edit latar belakang bisa dilakukan dengan beberapa trik, yaitu :

Menggunakan Magic Tools

Magic tools memang menjadi fitur andalan dalam membuat pas photo. Cara edit latar belakang foto dengan magic tools ini sangat mudah. Karena dengan tools ini, kamu hanya perlu 1 kali klik jika latar belakang foto memiliki warna yang sama dan kontras. Namun sebelumnya, ubah warna layar yang ingin digunakan seperti gambar berikut ini.

cara edit latar belakang foto, membuat pas foto

Setelah itu, klik bagian yang akan diganti dengan Magic tools dan pilih tombol “Delete” pada keyboard. Jika resolusi dan warna latar belakang file asli sudah sangat bagus (satu warna dan memiliki kerapatan tinggi) maka kamu bisa langsung ketahapan selanjutnya. Namun jika masih ada sisa gambar yang tidak terhapus, kamu bisa menggunakan Eraser Tools untuk menghapus seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas sebelumnya.

Namun, kekurangan dalam membuat pas photo menggunakan magic tools adalah masih tersisanya bagian gambar yang tidak diinginkan pada bagian badan. Untuk itu, kamu bisa membuat pas photo dengan tools berikutnya ini.

Menggunakan Lasso Tools

Cara edit latar belakang foto dengan menggunakan Lasso Tools memang sedikit lebih membutuhkan ketelitian. Karena Lasso Tools ini berfungsi untuk membuat garis pada bagian yang akan dihapus. Dengan Lasso Tools, kamu bisa membuat pas photo dengan memberikan garis garis pada bagian badan secara bertahap.

Klik kanan pada mouse kamu pada pilihan Lasso Tools seperti gambar di bawah ini. Setelah itu pilih Polygonal Lasso Tools. Arahkan mouse kamu diarea yang akan kamu hapus atau bisa juga ke area yang akan kamu simpan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

cara membuat pas foto

3. Simpan Gambar Dengan Format JPEG Dengan Kualitas Maksimum

Tahap selanjutnya dalam cara edit latar belakang foto untuk membuat pas foto adalah menyimpan hasil editan dalam format JPEG. Kamu dapat menyimpan dengan menekan tombol kombinasi ctrl+s atau juga bisa mengklik tombol “File” dan pilih “Save As”. Ubah format menjadi JPEG dan klik Save.

4. Membuat Wajah Menjadi Halus Dengan Aplikasi Foto Editor Android

Cara membuat pas foto yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan melalui smartphone android kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi android 360 untuk menghaluskan  dan memutihkan wajah dengan mudah. Setelah itu pas foto kamu selesai untuk dicetak.

Sangat mudah bukan cara edit latar belakang foto untuk membuat pas foto ini? Kamu hanya perlu berkreasi untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Kamu juga bisa melihat cara edit latar belakang foto (teknik croping) melalui video berikut ini.

CARAINTEL | Cara Intelektual Generasi Milenial

Related Posts

About The Author

No Responses

Add Comment