var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-508 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Dunia Pendidikan di Indonesia pada Tahun 2019

Pendidikan, apabila kita mendengar kata tersebut hal ini pasti pikiran kita akan mengarah pada proses dimana seorang guru mengajarkan sesuatu kepada sang murid. Mengajar merupakan memberi sesuatu ilmu atau menambah wawasan seseorang dari yang belum tahu menjadi tahu.

Proses mengajarkannya pada suatu tempat yang kita beri nama sekolah. Mempunyai kesimpulan pendidikan merupakan dimana seseorang datang ke sekolah untuk menambah wawasan atau mencari ilmu menuju ke suatu tempat yang namanya sekolah.

Pada definisi diatas adalah penjelasan terkait dengan pendidikan pada masa lalu dan bahkan hingga saat ini masih mengarah pada definisi tersebut. Namun, tidak pada tahun 2019 ini.

Secara perlahan definisi diatas mengenai dengan pendidikan diarahkan pada pola pendidikan yang lebih modern. Hal ini dimana si siswa/i tidak perlu belajar dalam sebuah ruangan.

Mereka dapat belajar dimana saja mereka mau, siswa/i tidak perlu lagi membawa buku yang memberatkan mereka, mereka hanya cukup membawa smartphone karena buku sudah ada dalam bentuk e-book. Kondisi cukup miris, karena Pemerintah sedang mencoba menumbuhkan minta baca siswa, salah satunya dengan mendirikan perpustakaan untuk generasi milenial seperti yang ada di kawasan Tangerang Selatan.

Pendidikan di Indonesia Tahun 2019
(Sumber: Banjarmasin Post – Tribunnews.com)

Dan yang lebih menarik lagi siswa/i tidak perlu lagi membawa SPP sekolah yang sangatlah tinggi bianya nya. Otomatis uang pendidikan mereka dapat dialihkan pada pengeluaran lain yang lebih bermamfaat.

Anak-anak pada saat ini belajar sangat dimanjakan oleh teknologi, khususnya di bidang pendidikan. Hal ini akan merambah pada tahun 2019 serta pada tahun-tahun kedepannya. Mereka belajar akan sangat dimanjakan oleh yang namanya teknologi khususnya dalam bidang teknologi. Suka atau tidak pemerintah beserta aparaturnya harus mendukung hal tersebut. Selain dari pemerintahan sekolah yang masih bertahan juga harus mendukung hal tersebut.

Dari pengalam guru saya yang mengajar di salah satu kota besar di Indonesia, masih ada personal guru yang mempunyai mindset bahwasanya smartphone merupakan musuh di dalam dunia pendidikan. Memang tidak mudah untuk mengubah pemikiran hal tersebut serta butuh keterbukaan hati untuk kita belajar lagi mengenai perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini.

Kenapa guru-guru harus mengubah mindset mereka?

Kalau para pengajar masih belum mau mengubah pemikiran mereka, maka hal yang akan terjadi adalah benturan. Pada faktanya pada setiap kita jalan entah itu ditrotoar maupun ditemana tempat itu, pasti kita pernah menjumpai segelintir orang yang tidak memegang smartphone. 

Dan secara otomatis pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Kalau kita membuat smartphone menjadi sahabat para siswa/i maka hasil akan menjadi lebih maksimal.

Akhir kata, ditahun 2019 ini pada dunia pendidikan di Indonesia akan mengarah pada perkembangan teknologi seperti smartphone. Smartphone akan dimanjakan oleh perkembangan teknologi pada saat ini.

Related Posts

About The Author

Add Comment