var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-561 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Mencapai target lulus UN perlu diusahakan dengan sering latihan try out. Latihan ini juga akan berguna ketika pelajar akan melakukan pendaftaran di perguruan tinggi. Setidaknya, ujian masuk berisi soal-soal umum sudah menjadi makanan sehari-hari sehingga calon mahasiswa bisa mengerjakannya dengan mudah.

Setelah lulus sekolah tingkat SMA, banyak pelajar yang memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Hanya saja, kadang ada yang merasa kecewa lantaran jurusan terpilih malah tidak sesuai harapan. 

Untuk mengantisipasi penyesalan tersebut, pertimbangkan beberapa hal. Pertimbangan pertama adalah sesuaikan dengan minat. Caranya dengan melihat bidang apa yang paling dikuasai selama ini.

Biasanya, lulusan terbaru kurang jeli dalam mempertimbangkannya. Hal ini berujung pada penyesalan. Contohnya adalah mengalami kesulitan dalam mempelajari cabang ilmu di jurusan yang diambil.

Pertimbangan kedua adalah prospek kerja di masa mendatang. Sedari awal, peluang untuk diterima di dunia pekerjaan harus diperhitungkan dengan matang. Dengan melihat peluang ini, Anda tidak akan menyepelekan kegiatan belajar.

Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Anda akan menganggap pendidikan yang ditempuh sesuai dengan harapan. Ketika mengalami kendala di tengah jalan, Anda bisa bangkit dengan melihat cita-cita yang ingin dicapai selama mencari bekal ilmu di perguruan tinggi.

Pertimbangan ketiga adalah memahami profil dari lulusan universitas yang dituju. Profil ini akan memberitahukan tentang seberapa bagus universitas tersebut. Ketika lulusannya memang banyak yang terjamin di dunia kerja, ini menandakan kalau Anda juga punya peluang yang sama di masa depan.

Pertimbangan keempat adalah biaya. Biaya ini harus diperhitungkan dengan kondisi keuangan keluarga. Kesampingkan ego jika memang keuangan keluarga tertekan dengan pembiayaan kuliah.

Alasannya adalah untuk meminimalisir terjadinya mandek di tengah jalan. Apabila Anda tidak bisa menyelesaikan kuliah, peluang untuk bekerja lebihh baik terbilang kecil. Maka dari itu, usahakan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan keluarga mengenai pembiayaannya.

Selain pertimbangan di atas, buatlah persiapan yang matang untuk menghadapi ujian nasional dan ujian masuk. Syarat utamanya adalah bisa mengerjakan soal dengan hasil yang maksimal.

Untuk mendukung persiapan ini, Anda perlu banyak latihan dasar sejak awal. Salah satu pilihan terbaik yang bisa diterjuni adalah latihan try out berulang-ulang melalui media internet.

Related Posts

About The Author

Add Comment