var id = "3472070e75ea2e0ac3843f0f581601fa41aca377"; class="post-template-default single single-post postid-437 single-format-standard main" itemscope itemtype="http://schema.org/WebPage">

4 Kriteria Sekolah Anak Terbaik

Sekolah anak di Indonesia baik sekolah anak negeri dan swasta sudah sangat banyak. Bahkan setiap sekolah memiliki kurikulum, pendekatan, teknik dan cara pengajaran, sekaligus nilai-nilai yang berbeda-beda. Ini karena setiap sekolah untuk anak untuk semua jenjang baik sd, smp, maupun sma/stm memiliki pandangan baru tentang cara pendidikan yang tepat untuk anak.

Sebagai orangtua tentu tidak akan mengetahui tantangan apa saja yang akan dihadapi si anak di masa yang akan datang. Oleh karena itu, butuh lingkungan dan sekolah yang bisa membantu membentuk karakter anak menjadi baik dan kuat menghadapi semua tantangan yang ada. Seperti dikutip dari website Ayahbunda, Rahma Paramita, M.Psi., psikolog anak memberikan tips mudah dalam memilih sekolah anak terbaik.

Cara Mengetahui Sekolah Anak Terbaik dengan Perhatikan Kriteria Berikut

Menurut Rahma Paramita, M.Psi., untuk bisa mengetahui dengan mudah bagaimana kualitas sekolah anak yang baik ada cara yang bisa dikuti:

  1. Sekolah tersebut memberikan perhatian akan kebutuhan psikologis dasar si anak dan ikut mengamati tahapan perkembangan anak. Contoh simpelnya, apakah sekolah anak tersebut memberikan kesempatan untuk mengeluarkan bakat dan kebiasaan dengan mengikutsertakan anak tersebut untuk mengikuti lomba meskipun pada hasil akhirnya anak tersebut tidak mendapatkan piagam atau piala.

2. Sekolah anak harus bisa penuhi kebutuhan khusus, unik bahkan individual anak. Rahma Paramita, M.Psi. menyebutkan bahwa sekolah seperti ini akan bisa bisa membedakan cara dalam mengajarnya. Seperti guru akan memberikan pr yang jauh lebih sulit ke anak yang sudah lebih mahir bahkan advance. Selain itu cara mengajarnya pun akan dibedakan, contohnya memilih alat bantu gambar untuk anak-anak yang punya gaya belajar melalui visual.

Kriteria Sekolah Anak Terbaik

3. Sekolah sebagai tempat mendidik anak harus dapat selalu membantu dalam mencapai tujuan jangka panjang orangtua untuk setiap anak. Hal ini bisa diartikan, bahwa sekolah harus memiliki visi misi dan nilai yang sama dengan orangtua si anak. Contohnya, orangtua pasti akan menginginkan anak untuk mandiri dan apakah dari sekolah tersebut mengakomodir dan bisa memberikan materi-materi yang bisa menginspirasi si anak sehingga bisa menjadi mandiri dan lain-lain.

Rahma Paramita, M.Psi. menuturkan bahwa point ke-3 ini bisa dilihat saat datang ke sekolah anak tersebut. Selain itu, berbincang dengan kepala sekolah, dan guru, murid yang sudah lebih dulu masuk bahkan ini bisa ditanyakan kepada wali murid atau orang tua lain yang ada di sekolah tersebut.

4. Sekolah harus punya tujuan pendidikan yang sama dengan orangtua. Ini tidak cukup dengan hanya melihat visi misi sekolah yah, namun bagaimana sekolah tersebut bisa memberikan pengajaran yang baik sehingga menciptakan anak-anak yang bukan hanya nilai tes yang baik namun mampu membentuk mental anak untuk punya kemampuan belajar di segala bidang seperti kemampuan menganalisa, melakukan riset, dan juga penyelesaian sebuah masalah.

Ini dia 4 kriteria dalam memilih sekolah anak terbaik yang bisa diperhatikan ketika ingin menentukan sekolah untuk anak. Ingat memilih sekolah anak ini akan merupakan langkah awal untuk membantu masa depan anak Anda!

Related Posts

About The Author

Add Comment