Cara Pintar untuk Beraktivitas Aman dan Sehat di Era New Normal dari SehatQ.com

Keputusan untuk menjalani era “new normal” adalah sebuah langkah yang diambil oleh Pemerintah Indonesia dalam rangkaian untuk menghadapi pandemi wabah virus corona atau Covid-19 yang sedang berlangsung hampir 3 bulan (Maret – Mei 2020) lalu. Keputusan ini terasa berat karena sampai dengan hari ini, kasus positif di Indonesia terus bertambah. Meskipun demikian, dalam menjalani new normal ini tetap memperhatikan prosedur dan protokol kesehatan yang super ketat.

Kondisi New Normal

Tidak hanya PNS, beberapa perusahaan sudah mulai terlihat aktif di mana meminta para karyawannya untuk kembali masuk ke kantor di satu minggu terakhir ini. Sudah siap berkantor, senin besok? Mungkin sebagian orang yang beraktivitas menggunakan angkutan umum pasti resah dan khawatir, bagaimana prosedur protokol kesehatan yang akan diterapkan nanti. Menurut situs www.sehatq.com, ada beberapa barang yang harus dipersiapkan dan selalu di bawa ketika beraktivitas di luar rumah dalam era new normal nanti, seperti :

1. Masker

Ini merupakan barang yang wajib selalu digunakan ketika beraktivitas di luar rumah. Ini dilakukan untuk membantu mencegah penularan virus corona di angkutan umum dan selama bekerja di dalam kantor yang ditularkan dari droplet air liur yang akan mengenai mulut dan hidung.

Meskipun masker bedah kini masih terbilang langka dan mahal, Anda bisa menggunakan masker kain sebagai alternatif untuk digunakan nanti. Pastikan Anda memiliki dan membawa lebih dari satu masker kain ketika beraktivitas. Ganti masker kain ketika sudah menggunakan lebih dari 4 jam.

2. Hand Sanitizer

Barang ini juga harus selalu dibawa sebagai alternatif atau pengganti dari sabun cuci tangan. Beli hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60%. Dengan demikian, ini akan efektif membersihkan tangan dari virus dan bakteri. Semprot selalu ketika selesai atau menyentuh benda di sekitar anda seperti gagang pintu, laptop, meja kerja, dan lain-lain

Baca Juga:   Obat Herbal Kanker Serviks dan Fakta-Fakta Seputar Penyakit Ini

3. Face shield

Untuk melindungi area wajah terkena droplet virus corona dan bakteri lainnya, jika anda tidak rishi maka gunakan face shield ketika menaiki dan selama berada di angkutan umum. Jika menggunakan face shield, pilih yang memang memiliki ruang untuk Anda bernafas sehingga tidak terlalu pengap dan kepanasan.

Pakai Face Shield

4. Kacamata atau Safety Googles

Jika tidak nyaman menggunakan face shield, maka pilihan lainnya adalah memakai kacamata atau safety googles. Penggunaan kacamata ini untuk memberikan perlindungan dari tertular virus covid-19 karena kebiasaan Anda mengucek mata selama berada di luar ruangan.

5. Tisu kering dan basah

Bawa selalu tisu kering atau basah di dalam tas ketika beraktivitas di luar rumah. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan barang-barang sekitar Anda dengan mengelap terlebih dulu sebellum disentuh. Biasakan juga mengeringkan tangan menggunakan tisu kering atau mesin pengering tangan setelah mencuci tangan.

6. Pilih transaksi online

Ternyata uang, baik uang logam ataupun kertas juga bisa menjadi tempatnya virus dan bakteri loh! Meskipun belum bukti otentik yang mengatakan hal ini, tetap tidak ada salahnya untuk Anda tetap waspada dan berhati-hati.

Saat masa pandemi ini cobalah untuk mengganti metode dan transaksi dengan sistem transfer atau mengggunakan aplikasi dompet online. Selain itu metode ini terbilang sangat praktis karena bisa dilakukan di mana saja dan hanya menggunakan smartphone Anda.

Transaksi Online

7. Gunakan helm sendiri

Ojol juga akan kembali mengangkut penumpang ketika new normal nanti diberlakukan. Ketika Anda menggunakan ojek online, maka sebaiknya membawa dan menggunakan helm sendiri. Dengan demikian, Anda bisa lebih memastkan kebersihan dan keamanannya tanpa harus khawatir.

8. Bawa peralatan makan dari rumah

Baca Juga:   Demam dan Hipertermia, Apakah Sama?

Mulai dari saat ini, biasakan juga untuk membawa bekal makanan beserta peralatan makannya sendiri dari rumah. Menggunakan alat makan sendiri, tentu ini akan meminimalisir potensi penularan virus yang menempel pada peralatan makan meskipun sudah dicuci bersih oleh staff kebersihan di kantor.

Bawa juga bekal dari rumah. Dengan memasak sendiri, tentu Anda akan lebih mengetahui dan menjaga kebersihan setiap bahan makanan yang dibuat untuk bekal makanan.

9. Peralatan ibadah

Bawa juga sajadah atau mukena sendiri dari rumah. Jangan pernah untuk menggunakan alat ibadah bersama yang disediakan di kantor atau tempat umum lainnya. Setelah digunakan, bawa kembali untuk dicuci di rumah.

Sajadah

10. Sediakan kantong plastik

Sediakan selalu kantong plastik di dalam tas Anda. Kantong plastik ini digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sudah terpakai hari ini untuk kemudian segera cuci setelah sampai di rumah.

Sudah seperti perang bukan? Selain itu jangan lupakan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti jaga jarak aman (social distancing) dan untuk saat ini tidak berkerumun meskipun kini mall dan café sudah kembali dibuka. Selalu mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat kembali beraktivitas di luar rumah.

Semoga kita semua bisa keluar dari cobaan ini dan kembali normal seperti sebelumnya!

Related Posts

About The Author

Add Comment