Cara Mudah Meratakan Lantai Beton Pakai Floor Screed

Floor screed adalah sebuah istilah yang harus kita pahami dalam ilmu konstruksi. Jika kamu belum tau, coba deh perhatikan lantai beton instan yang ada di rumahmu. Perhatikan khususnya lapisan teratas, screed merupakan lapisan yang terletak di permukaan lantai beton ataupun plesteran. Penambahan lapisan ini pun ada tujuannya yaitu sebagai pedoman untuk menyamaratakan ketebalan atau tinggi lantai rumahmu.

Screed sendiri berupa lapisan finishing untuk lantai internal yang mempunyai ketebalan 50 mm sampai 100 mm. berdasarkan tujuan penggunaannya, sedikit banyak pasti kita sudah tau seberapa penting elemen ini pada proses konstruksi. Floor screed terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya screed anhidrit, epoxy, beton atau campuran pasir dan semen, polimer dan ada juga screed campuran.

lantai semen
Ilustrasi lantai semen di area dapur. Gambar: Rumah.com

Nah biar kamu tidak bingung, kali ini kita akan bahas penggunaan floor screed beton. Dari mulai kelebihannya hingga cara aplikasinya biar kamu tidak salah. Dan juga agar kamu bisa lebih maksimal dalam melapisi lantai beton di rumahmu.

Kelebihan Floor Screed Beton Instan

Dalam membuat sebuah bangunan yang menggunakan material bangunan seperti beton instan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Terutama pemberian lapisan teratas untuk menjaga agar beton tidak mudah retak dan bisa lebih awet.

Nah screed seperti yang kita tahu banyak jenisnya, untuk floor screed beton memang adalah yang paling umum dipakai ketika membuat sebuah bangunan. Apa sih alasannya, kenapa kamu harus menggunakan screed beton untuk rumah kamu :

  • Screed beton ialah screed yang paling ideal untuk kamu gunakan di rumah loh.
  • Mempunyai segmen kualitas yang unggul.
  • Untuk aplikasinya kamu membutuhkan waktu kurang lebih 28 hari agar screed bisa kering sempurna dan bisa kamu lewati.
  • Perawatannya sangat mudah, karena kamu hanya perlu menjaganya agar tidak retak.
  • Pengaplikasiannya dilakukan oleh floor hardener. Yaitu sebuah layanan jasa yang secara profesional telah ahli dalam mengerjakan lantai beton terutama dengan material khusus agar tidak retak dan lebih awet juga.
  • Hasil dari screed beton instan sangat kuat dan mempunyai ketahanan yang tinggi sehingga cocok untuk rumahmu yang bergaya industrial klasik.
  • Hanya butuh tenaga ahli dalam jasa floor hardener dan juga mesin trowel untuk memudahkan pekerjaan.
Baca Juga:   Ketahui Beragam Fungsi Pipa Air

Lalu, Bagaimana Langkah Meratakan Lantai Beton Dengan Floor Screed?

Untuk floor screed, saat ini kamu bisa menggunakan screed instan untuk lantai di rumahmu. Kenapa? Tentu saja agar lebih praktis dan proses konstruksi bisa berjalan dengan baik. Adapun berikut ini beberapa langkap maupun tips dalam meratakan lantai beton yang memakai floor screed instan :

Menyiapkan Permukaan

Pertama yang harus kamu lakukan ialah menyiapkan permukaan lantai, diantaranya membersihkan seluruh permukaan lantai yang akan dilapisi. Pastikan terbebas dari kotoran yang nantinya merusak screed.

Pembersihan yang kamu lakukan tidak hanya disapu, kamu harus menyiram keseluruhan lantai menggunakan air. Sehingga debu, kotoran dan partikel-partikel tidak nempel di lantai beton.

pekerjaan screed a floor
Ilustrasi pekerjaan screed a floor. Gambar: Checkatrade

Utamakan Pengerjaan Ketika ada Terik Matahari

Tujuannya agar lebih cepat kering, meskipun secara umum agar bisa kering kamu butuh waktu hingga 28 hari atau lebih kalau terik mataharinya kurang.

Lantai Beton Pastikan Rata

Selain pembersihan kamu juga harus memastikan kalau seluruh permukaan lantai sudah rata, jika ada yang tidak rata segera perbaiki. Inspeksi ulang saja guna memastikan kalau lantai beton sudah keras dan bisa kamu proses screednya.

Baca Aturan Pakai Kemasan Screed

Bacalah aturan pakai di kemasan screed sebelum mengaplikasikannya, perhatikan jumlah air, bagaimana kamu mencampurnya dan cara aplikasinya juga.

Itulah tadi caranya meratakan screed untuk lantai beton kamu di rumah. Pastikan kamu menggunakan SCG beton instan mutu K175. Karena beton ini punya kekuatan hingga 175 kg/cm2, selain untuk plat lantai kamu juga bisa menggunakannya untuk pengecoran pondasi, kolom maupun balok.

Pemakaiannya pun mudah kamu hanya perlu 4 sampai 5 liter per zaknya. Dengan SCG beton instan tentu lantai pun jadi tidak mudah retak dan lebih awet pastinya.

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Tendon Air Plastik atau Stainless Steel

Related Posts

About The Author

Add Comment