Spot Panjat Tebing di Indonesia Bisa Pacu Adrenaline Kamu!

Olahraga adalah kegiatan yang sangat menyenangkan tentunya jika dilakukan dengan tepat dan sesuai kemampuan. Namun, bagi sebagian orang akan menyenangkan jika melakukan olahraga yang menantang seperti olahraga panjat tebing. Bisa dikatakan juga, bahwa olahraga satu ini memang sangat tepat menantang adrenalin dan memberikan sensasi tersendiri ketika melakukan kegiatan tersebut.

Termasuk kategori olahraga yang ekstrem dan bertempat di alam merupakan ciri dari olahraga satu ini. Area rintangan pada saat panjat tebing memang beragam dan terkadang bisa mencapai kemiringan 45 derajat. Ketinggian yang dipilih oleh para pemanjat tebing juga beragam dan bisa dibilang sangat bervariasi dari tantangannya. Tentunya, untuk anda yang menggemari membutuhkan referensi terbaik untuk melakukan kegiatan ini.

Tempat Panjat Tebing Terbaik di Indonesia

Biasanya medan yang dilalui ketika akan melakukan panjat tebing adalah tebing curam, dalam, dan kemiringan yang bervariatif. Pada umumnya, daerah tersebut bisa didapatkan ketika berkunjung bagian pegunungan yang cukup menyimpan medan yang kuat. Indonesia memiliki berbagai tempat yang layak sebagai tempat olahraga ini jika anda ingin lakukan suatu saat.

Untuk lebih lanjut, berikut adalah tempat terbaik yang ada di Indonesia menurut sumber dari Super Adventure :

1. Tebing Kera

Tebing Kera
Gambar: Ngalam.co

Bertempat di daerah kota di Jawa Timur yaitu Malang, membuat tebing curam satu memiliki nama yang menarik dan unik. Secara spesifik, tebing satu ini berada di daerah lembang Kera itu sendiri sehingga namanya mengikuti keadaan sekitar yang ada. Ketinggian yang dimiliki tebing ini sekitar 100 meter dan memacu adrenalin siapa saja yang ingin memanjatnya.

Baca Juga:   Kelebihan Latihan Bodybuilding di Rumah Bersama Personal Training Berpengalaman

Banyak sekali para pecinta alam hingga atlet yang sudah menggunakan tebing satu ini dan menjadikan tempat yang paling diminati. Pemandangan sekitar dari tebing ini juga cukup menarik untuk dilihat oleh siapa saja yang ingin melakukan olahraga sekaligus menikmati alam sendiri. Dengan begitu, pengalaman yang anda dapatkan bisa menjadi cukup unik.

2. Tebing Lembah Harau

Tebing Lembah Harau
Gambar: Ksm Tour

Memiliki ketinggian serta kecuraman mencapai 300 meter membuat tebing satu ini cukup membuat adrenalin anda terpacu. Pemandangan indah serta berdekatan dengan desa membuat daerah tebing ini menjadi sangat indah dan sejuk saat melakukan olahraga tersebut. Bertepat di Sulawesi Selatan, tidak ada salahnya jika anda pecinta panjat tebing menyempatkan diri untuk melakukan olahraga di tebing yang cukup terkenal ini.

3. Tebing Watu Semaur

Tebing Watu Semaur
Gambar: Nusantaranews/Emer

Bayangkan jika anda melakukan olahraga ekstrem panjat tebing ditemani dengan suasana padang rumput yang hijau yang menyenangkan. Hal tersebut bisa terwujud jika melakukan olahraga satu ini di daerah tebing Watu Semaur yang berada di Ponorogo. Selain itu, akses untuk menuju lokasi juga terbilang mudah karena dekat dengan persawahan serta akses jalan raya sekitar warga sekitar. Tinggi tebing satu ini mencapai 125 meter dan memiliki sensasi tersendiri ketika dipanjat.

4. Tebing Citatah

Tebing Citatah
Sumber: Republika

Bagi anda yang berasal dari Jawa Barat, maka tebing Citatah tentunya tidak asing dijadikan sebagai objek olahraga satu ini. Memiliki tinggi sekitar 125 meter, anda akan diuji kemampuan dalam memanjat tebing yang ada agar bisa bertahan pada medan tebing tersebut. Daerah disekitar juga bisa terbilang sejuk dan memiliki pemandangan yang menarik.

5. Tebing Bukit Kelam

Tebing Bukit Kelam
Sumber: GoodNews From Indonesia

Berlokasi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, ketinggian dari tebing ini cukup tinggi hingga mencapai 900 meter. Pastinya para pecinta olahraga memanjat tebing akan merasakan tantangan yang cukup berat dan tinggi pada tebing ini. Bisa dikatakan stamina yang dibutuhkan dalam melakukan memanjat tebing disini akan sangat besar karena jaraknya yang cukup besar.

Baca Juga:   Pulau Macan, Spot Berbulan Madu Romantis di Kepulauan Seribu yang Mirip Bali

6. Tebing Cartensz Pyramid

Tebing Cartensz Pyramid
Gambar: IDNTimes

Jika anda sedang mendaki Gunung Jayawijaya, maka kurang lengkap jika tidak melakukan kegiatan panjat tebing di Cartensz Pyramid. Bertempat di wilayah yang cukup dingin, membuat kegiatan memanjat tebing bisa lebih lelah dan membutuhkan kekuatan serta stamina tinggi. Selain itu, medan pada daerah ini terkenal tinggi dan curam akan memberikan pengalaman tersendiri.

Bila anda cukup mencintai kegiatan yang berbau aktifitas memanjat tebing, maka daerah di Indonesia tersebut sangat tepat. Bisa dikatakan juga, banyak orang asing yang rela untuk melakukan kegiatan olahraga satu ini hingga menuju tempat tersebut. Pastinya jika sudah melalui berbagai medan yang sulit dan menarik akan membuat adrenalin serta kepuasan anda dalam melakukan panjat tebing lebih lagi.

Related Posts

About The Author

Add Comment