Samsung Galaxy S21 Tak Dibekali Slot MicroSD, Berapa Internalnya?

Samsung resmi memboyong trio Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra ke Indonesia lewat sebuah acara peluncuran virtual, Rabu (27/1/2021). Berbeda dengan pendahulunya Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra, ketiga ponsel teranyar ini tidak dibekali dengan slot kartu microSD.

Artinya, konsumen tidak bisa memperluas kapasitas memori internal yang sudah tertanam di dalam ponsel. Head of IT & Mobile Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar tidak membeberkan alasa mengapa tidak membuat slot microSD dalam ponsel terbarunya itu.

Namun, ia menjelaskan bahwa versi terendah dari Galaxy S21 Series 5G sendiri sudah dibekali dengan memori internal 128 GB yang dipandang sudah mencukupi untuk menyimpan aneka macam konten.

“Dengan (128 GB) ini, ponsel sudah bisa menyimpan hingga ribuan foto dan video,” ujar Selvi di sela-sela acara peluncuran trio Galaxy S21.

Bisa kurang kalau doyan video

Hal senada juga diutarakan perwakilan dari #TeamGalaxy yang juga merupakan seorang sutradara lokal kenamaan, Ernest Prakasa.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman pribadinya kapasitas penyimpanan 128 GB sudah memadai untuk keperluan sehari-hari.

Meski demikian, ia mengakui bahwa media penyimpanan sebesar itu bisa saja kurang, apabila konsumen merupakan seseorang yang kesehariannya sering merekam atau mengunduh video.

Untungnya, berbeda dari seri Galaxy S20 sebelumnya di Indonesia yang mentok dengan memori 128 GB, trio Galaxy S21 tersedia dalam pilihan kapasitas memori lebih tinggi sehingga konsumen masih memiliki opsi, meski harus merogoh kocek lebih dalam.

“Heavy video user mungkin akan butuh di atas itu (128 GB), misalnya 256 GB atau 512 GB,” pungkas Ernest.

Baca Juga:   Alasan iPhone Lebih Unggul dari Android

MicroSD tidak dibutuhkan?

Sebelumnya, menurut seorang perwakilan Samsung Global yang dilansir TheVerge, slot kartu micro SD di Galaxy S21 Series 5G sendiri dihilangkan karena fitur ini disebut tidak begitu “dibutuhkan”.

Sebagai gantinya, konsumen bisa memilih opsi memori internal yang lebih tinggi, seperti 256 GB atau 512 GB (khusus S21 Ultra).

Untuk Galaxy S21 Series 5G versi Indonesia (kecuali Galaxy S21 Ultra 16 GB/512 GB), misalnya, konsumen harus menambah dana Rp 1 juta untuk meningkatkan kapasitas memori internal. Berikut harga lengkapnya:

  • Galaxy S21 8 GB/128 GB = Rp 13 juta
  • Galaxy S21 8 GB/256 GB = Rp 14 juta
  • Galaxy S21 Plus 8 GB/128 GB = Rp 16 juta
  • Galaxy S21 Plus 8 GB/256 GB = Rp 17 juta
  • Galaxy S21 Ultra 12 GB/128 GB = Rp 19 juta
  • Galaxy S21 Ultra 12 GB/256 GB = Rp 20 juta
  • Galaxy S21 Ultra 16 GB/512 GB = Rp 22 juta

Selain menambah kapasitas storage lewat varian lain, ada pula opsi media penyimpanan berbasis cloud, salah satunya adalah OneDrive yang tertanam di berbagai smartphone Samsung. 

Aplikasi ini bisa digunakan konsumen untuk menyimpan foto, video, dan berbagai file lainnya di media penyimpanan virtual yang bisa diakses menggunakan internet.

Yang perlu diingat, kecepatan transfer data ke cloud via internet biasanya jauh lebih pelan dibandingkan kecepatan transfer memori internal ponsel ataupun kartu microSD, di samping membutuhkan kuota data di jaringan seluler. Jadi menurut kalian worth it gak kalau ketiga HP mahal ini tidak dibekali slot memori eksternal?

Related Posts

About The Author

Add Comment