5 Tips Mengikuti Open House Lelang Mobil Online. Cek di Sini!

Saat mengikuti kegiatan lelang mobil online, para peserta disarankan untuk bisa hadir pada acara open house. Dengan demikian, para peserta lelang bisa memahami bagaimana kondisi mobil yang akan ditawar dengan sebaik mungkin.

Pada dasarnya, open house lelang mobil online adalah kegiatan dimana para peserta akan diberikan waktu oleh balai lelang untuk bisa melihat unit mobil lelang secara langsung. Biasanya acara tersebut akan dilakukan 2 hari sebelum jadwal lelang dilaksanakan.

Perlu Anda tahu, balai lelang sebenarnya sudah memberikan penilaian sendiri terkait kondisi mobil yang akan dilelang. Mereka juga akan menginformasikan kondisi mobil melalui website resmi yang dimilikinya seperti info spesifikasi mesin, tahun pembuatan, kelengkapan dokumen kendaraan, serta kondisi minus dari mobil tersebut.

Meskipun demikian, peserta lelang diharapkan untuk datang di acara open house tersebut untuk memastikan kondisi fisik mobil secara langsung. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan saat mengikuti kegiatan open house lelang mobil online.

1. Tentukan unit mobil lelang yang Anda inginkan

Langkah pertama yang perlu Anda persiapkan ketika akan mengikuti open house adalah menentukan terlebih dahulu unit mobil lelang yang diinginkan. Jadi, sebelum open house berlangsung, Anda bisa memeriksa daftar mobil lelang di website balai lelang tersebut dan menentukan pilihan.

Hal ini perlu Anda lakukan agar tidak bingung dengan banyaknya pilihan mobil saat kegiatan open house berlangsung. Selain itu, menentukan pilihan dari awal juga akan membantu Anda agar bisa fokus memeriksa dan memahami kondisi mobil yang diinginkan.

Baca Juga:   Langkah Cepat Cari Mobil Bekas Bagus Sesuai Budget

2. Pelajari rapor atau hasil inspeksi mobil

Perlu Anda tahu, balai lelang mobil sebenarnya sudah membuat rapor hasil inspeksi terkait kondisi mobil. Rapor tersebut umumnya akan ditempel pada body mobil. Nah, saat mengikuti open house lelang mobil, Anda bisa membaca hasil inspeksi tersebut agar bisa memahami kondisi mobil dengan lebih mudah.

3. Lakukan pemeriksaan kondisi mobil secara langsung

Tips mengikuti open house lelang mobil selanjutnya adalah memeriksa kondisi mobil secara langsung. Meskipun balai lelang sudah menyediakan rapor hasil inspeksi, namun Anda tetap harus melakukan pemeriksaan secara langsung. Dengan cara ini, maka Anda bisa mengecek kebenaran rapor dengan kondisi mobil sebenarnya.

Pada kegiatan ini, peserta lelang diberikan kebebasan untuk masuk ke kabin mobil, membuka kap mesin mobil, atau menyalakan mesin. Namun perlu diketahui bahwa pada kegiatan ini Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan test drive.

Open House di Balai Lelang Mobil
Gambar: Autonews.com

Jadi pada kegiatan ini Anda dapat memeriksa kondisi fisik mobil seperti:

  • bagian mesin seperti memeriksa rembesan oli, kondisi mobil saat dinyalakan, getaran mesin, odometer, dan lain-lain.
  • eksterior seperti kondisi body mobil, lampu depan serta belakang, dan lain-lain.
  • interior seperti kondisi AC, jok kursi, serta perangkat elektronik yang ada di dalamnya.

4. Cek kelengkapan dokumen

Selain memeriksa kondisi fisik mobil, sebelum lelang mobil berlangsung Anda juga perlu memeriksa kelengkapan dokumen dari unit mobil lelang di acara open house. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak timbul suatu masalah pada mobil tersebut dikemudian hari. Beberapa contoh dokumen yang perlu dicek seperti kelengkapan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), dan lain-lain.

5. Ajak mekanik atau orang yang paham

Apabila Anda tidak dapat melakukan pemeriksaan kondisi mobil dengan baik atau tidak tahu tentang mobil, ada baiknya jika Anda mengajak seorang mekanik atau orang yang paham betul bagaimana cara memeriksa kondisi mobil. Dengan demikian Anda bisa lebih memahami bagaimana kondisi sebenarnya akan unit mobil lelang yang akan ditawar.

Baca Juga:   Mau Beli Mobil di Dealer Auto2000? Ikuti Tips Berikut Ini

Perusahaan lelang atau Balai lelang memberikan peluang bagi para peserta untuk bisa lebih mengenal kondisi mobil yang akan mereka tawar. Sebagai peserta lelang, tentu Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Pergunakan acara open house tersebut dengan sebaik mungkin agar Anda bisa lebih yakin ketika melakukan penawaran.

Related Posts

About The Author

16 Comments

  1. Mpo Ratne
    May 20, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023
  2. Dessy Achieriny
    May 20, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023
  3. fionaz isza
    May 21, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023
  4. antung apriana
    May 22, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023
  5. Niken Nawang Sari
    May 22, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023
  6. Inda Chakim
    May 22, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023
  7. Fenni Bungsu
    May 23, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023
  8. Ning!
    May 23, 2022
    • Kadek Ariasa
      May 20, 2023

Add Comment